Kita tidak perlu kaya, memiliki jabatan, memiliki kekuasaan untuk bisa berbuat untuk masyarakat luas. Dengan perasaan dan hati nurani masyarakat Nagari atau Desa Batu Palano menjadi pahlawan penyelamat korban erupsi Gunung Marapi
Bukittinggi,- (ANTARA) -
Anggota DPR RI Komisi IX Ade Rezki Pratama memberikan piagam penghargaan kepada warga Batu Palano, Kabupaten Agam yang berjasa besar dalam proses evakuasi korban pendaki Gunung Marapi, Sumatera Barat yang mengalami erupsi.
 
“Kita tidak perlu kaya, memiliki jabatan, memiliki kekuasaan untuk bisa berbuat untuk masyarakat luas. Dengan perasaan dan hati nurani masyarakat Nagari atau Desa Batu Palano menjadi pahlawan penyelamat korban erupsi Gunung Marapi," kata Ade Rezki Pratama di Bukittinggi, Kamis.
 
Piagam penghargaan diserahkan di sela-sela kegiatan sosialisasi yang digelar Komisi IX DPR RI bersama Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) di Batu Palano.
 
Ia mengungkapkan aksi heroik warga Batu Palano khususnya Muhammad Andika dan Tomi Hidayat dalam menyelamatkan korban erupsi Gunung Marapi mendapat parhatian publik.
 
"Mereka bersama sejumlah warga lainnya berinisiatif sendiri naik ke puncak gunung untuk membantu korban dengan alat seadanya, mempertaruhkan nyawa sendiri," kata Ade.

Baca juga: Gubernur Sumbar ingatkan potensi banjir lahar dingin Marapi

Baca juga: Korban erupsi Gunung Marapi dapat santunan dari berbagai instansi
 
Ia juga memberikan penghargaan kepada masyarakat Nagari Batu Palano yang diserahkan kepada Kepala Desa atau Wali Nagari Batu Palano, Darizal, serta kepada perwakilan keluarga Muhammad Andika dan Tomi Hidayat.
 
Ade Rezki Pratama mengapresiasi perjuangan dua pemuda Nagari Batu Palano dan warga sekitar yang membantu mengevakuasi korban erupsi Gunung Api Marapi.
 
"Selama ini Desa atau Nagari Batu Palano tidak begitu dikenal, namun sejak munculnya nama Muhammad Andika dan Tomi Hidayat, kini nama Batu Palano dikenal tidak hanya di nasional bahkan Internasional," katanya.
 
Ade berharap perbuatan baik yang telah dilakukan masyarakat nagari Batu Palano dapat menjadi suri teladan bagi masyarakat luas lainnya.
 
"Mari kita doakan bersama agar korban meninggal husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dalam menghadapi ujian hidup, dan untuk korban selamat yang masih dirawat semoga segera pulih dan kembali beraktivitas seperti biasa," sebutnya.
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023