Kami imbau pengguna jalan merencanakan perjalanan dengan cermat dan memilih waktu yang tepat guna mengurangi kemacetan
Cirebon, Jawa Barat (ANTARA) - Pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, Astra Tol Cipali memproyeksikan sebanyak 97.177 kendaraan melintasi Tol Cipali saat puncak arus mudik libur Natal 2023 dan Tahun 2024.

"Saat puncak arus mudik pada 23 Desember 2023, ada peningkatan kendaraan sampai 97 ribu. Ini prediksi kita, jadi kenaikannya delapan persen dibanding tahun lalu," kata Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali Sri Mulyo di Cirebon, Jabar, Kamis.

Sri mengatakan berdasarkan perhitungan itu, saat ini sudah banyak kendaraan dari luar daerah yang melintas di Jalan Tol Cipali dan jumlahnya akan terus meningkat. Khususnya dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

Jika dibandingkan hari normal, kata dia, volume lalu lintas di sepanjang ruas tol tersebut naik sampai 40 persen selama musim libur kali ini.

Ketika puncak arus balik, Astra Tol Cipali memperkirakan 101.002 kendaraan melintasi Tol Cipali pada 1 Januari 2024.

"Secara umum, arus lalu lintas selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mengalami kenaikan sebesar 40 persen dibandingkan kondisi normal," ujarnya.

Demi kelancaran lalu lintas pada momen tersebut, Sri menyampaikan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait untuk mengantisipasi adanya lonjakan kendaraan.

Menurut dia, pihaknya menekankan upaya antisipatif dalam menghadapi peningkatan kendaraan itu serta akan memaksimalkan pengawasan dan penanganan yang diperlukan jika ada kejadian lalu lintas di Jalan Tol Cipali.

"Hal ini jadi perhatian serius bagi kami, pengguna jalan dan pihak berwenang. Dengan langkah-langkah antisipatif ini, diharapkan menciptakan kondisi lalu lintas yang lebih aman dan nyaman," tuturnya.

Ia menambahkan para pengguna jalan diimbau untuk terus memeriksa kondisi kendaraan sebelum bepergian, serta diusahakan agar menjaga kondisi tubuh tetap bugar supaya bisa melakukan perjalanan di Jalan Tol Cipali.

"Kami imbau pengguna jalan merencanakan perjalanan dengan cermat dan memilih waktu yang tepat guna mengurangi kemacetan," ucapnya.

Baca juga: Pengelola Tol Cipali antisisipasi lonjakan kendaraan pada libur Natal
Baca juga: Pengelola Cipali hentikan sementara proyek jalan musim libur panjang
Baca juga: Pengelola Cipali pasang fasilitas keselamatan dan lebarkan lajur

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023