Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menambah jumlah armada bus dan jam operasional layanan hingga pukul 02.00 WIB saat malam Natal 2023 dan malam Tahun Baru 2024.
 
"Pada malam Natal dan tahun baru kami akan lakukan perpanjangan layanan operasional dan penambahan armada bus," kata Direktur Operasi dan Keselamatan PT TransJakarta, Daud Joseph saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Kebijakan ini sudah dilakukan beberapa tahun sebelumnya dan menjadi patokan manajemen Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta tersebut saat ini.
 
Daud menyebutkan, perpanjangan jam operasional ini telah disesuaikan dengan data tolok ukur dari tahun sebelumnya. Sementara penambahan bus akan disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan di lapangan.
 
"Perpanjangan jam operasional saat malam Natal dan tahun baru nantinya dilakukan hingga pukul 02.00 dini hari (pada 1 Januari 2024) dari sebelumnya hanya sampai pukul 22.00 WIB," ujar Daud.

Baca juga: 1.640 personel Satpol PP jaga malam Tahun Baru 2024 di DKI Jakarta
Baca juga: Saat Tahun Baru, TransJakarta bisa tambah armada hingga 25 persen
 
Daud mengatakan pada malam pergantian tahun, ada beberapa titik yang menjadi pusat perayaan malam Tahun Baru 2024. Misalnya, Sudirman-Thamrin Koridor 1 yang diperkirakan ada penambahan armada bus yang mencapai 25 persen dari biasanya.
 
"Misalnya, pada layanan reguler di Koridor 1 ini ada 60 unit bus, tetapi saat malam Tahun Baru 2024 bisa saja ditambah 15 unit bus," kata Daud.
 
TransJakarta juga telah mengoperasikan angkutan malam hari. Daud berharap dengan pelayanan yang diberikan, warga dapat memanfaatkan transportasi umum yang ada guna mengurangi kemacetan di Jakarta.
 
Adapun pada malam tahun baru nanti, jumlah pelanggan TransJakarta diperkirakan bertambah 16-25 persen. Misalnya, jika pada Minggu jumlah pelanggan di angka 650-670 ribu penumpang, maka saat pergantian tahun dapat meningkat menjadi 750-800 ribu pelanggan.
 
"Armada bus kami selalu 'standby'. Jadi akan kami keluarkan sesuai dengan kebutuhan," tegas Daud.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023