Pemerintah Kabupaten Aceh Timur bersama forkopimda mengupayakan mereka segera dipindahkan.
Banda Aceh (ANTARA) - Masyarakat dan mahasiswa di Kabupaten Aceh Timur menuntut pihak terkait segera merelokasi puluhan imigran Rohingya yang kini ditampung sementara di Idi Sport Center (ISC)

Tuntutan tersebut disampaikan puluhan orang dan mahasiswa dalam unjuk rasa di Kantor Bupati Aceh Timur di Idi Rayeuk, ibu kota Kabupaten Aceh Timur, Kamis.

"Kami mendesak pihak terkait dan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur segera memindahkan imigran Rohingya yang ditampung Idi Sport Center (ISC)," kata Aris Munandar, koordinator unjuk rasa, dalam orasinya.

Aris Munandar mengatakan jika tuntutan tersebut tidak ditindaklanjuti, maka pihaknya akan mengambil tindakan langsung. Apalagi keberadaan imigran tersebut menyebabkan masyarakat tidak bisa berolahraga.

Baca juga: Pemkab Aceh Timur desak UNHCR relokasi imigran Rohingya 

Baca juga: UNHCR bantu polisi untuk ungkap penyelundupan Rohingya di Aceh

Oleh karenanya, kata Aris Munandar, massa pengunjuk rasa mendesak Penjabat (Pj) Bupati Aceh Timur segera mengambil tindakan sikap atas keresahan masyarakat terhadap kehadiran imigran Rohingya di daerah.

Selain itu, Aris Munandar mengatakan pihaknya juga mendesak TNI dan Polri menjaga perairan Aceh Timur. Serta bersama imigrasi, TNI dan Polri juga ikut bertanggung jawab penuh terhadap imigran Rohingya.

"Kami mendesak penegak hukum menangkap para calo atau agen yang terlibat menyelundupkan imigran Rohingya ke Kabupaten Aceh Timur. Kami mencurigai ada indikasi mereka sengaja didaratkan ke Aceh, khususnya Aceh Timur," kata Aris Munandar.

Kedatangan puluhan pengunjuk rasa tersebut disambut Asisten Pemerintahan Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Timur Syahrizal Fauzi.

"Imigran Rohingya ini merupakan masalah nasional. Pemerintah Kabupaten Aceh Timur bersama forkopimda mengupayakan mereka segera dipindahkan," kata Syahrizal Fauzi.

Sebelumnya, sebanyak 50 imigran Rohingya ditampung di ISC setelah diturunkan dari kapal di kawasan pantai Desa Seuneubok Baroh, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, pada Kamis (14/12) sekira pukul 03.45 WIB.

Sebelum ditampung di pusat olahraga masyarakat Kabupaten Aceh Timur tersebut, puluhan imigran Rohingya tersebut sempat lari dan bersembunyi di semak-semak sebelum akhirnya ditemukan.*

Baca juga: Mahfud: Pemerintah tak lagi bangun penampungan sementara Rohingya

Baca juga: TNI AU patroli udara pantau perairan Aceh cegah pelanggaran wilayah

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023