Potongan tarif 10 persen berlaku selama tiga hari, yaitu dimulai hari ini pada arus mudik Natal 21 Desember 2023
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga menyampaikan bahwa potongan tarif tol sebesar 10 persen untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 berlaku mulai  Kamis ini.

“Hari ini telah berlaku potongan tarif 10 persen hingga jam 24.00 WIB. Potongan tarif 10 persen berlaku selama tiga hari, yaitu dimulai hari ini pada arus mudik Natal 21 Desember 2023 serta nantinya diberlakukan pada arus balik Natal 28 Desember 2023 serta arus balik Tahun Baru 3 Januari 2024," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana di Jakarta, Kamis.

Lisye menyampaikan potongan tarif berlaku dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada arus mudik, dan dari GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang menuju GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus balik.

Adapun untuk jam pemberlakuan potongan tarif yaitu mulai pukul 00.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB, atau berlaku 24 jam, pada tanggal yang telah ditentukan tersebut.

Ia mengatakan, potongan tarif diberlakukan untuk semua golongan kendaraan.

Baca juga: Jasa Marga catat 476 ribu kendaraan tinggalkan Jabotabek

Baca juga: Jasa Marga raih penghargaan keterbukaan informasi publik 2023


"Pemberlakuan potongan tarif untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas Jasa Marga dan kelompok usahanya beserta sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya di Jalan Tol Trans Jawa," ujarnya.

Lebih lanjut Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk menghindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi waktu puncak yang terbagi dalam 2 (dua) hari, yaitu arus mudik pada Jumat, 22 Desember 2023 untuk periode Natal dan Sabtu, 30 Desember 2023 untuk periode Tahun Baru.

Sedangkan puncak arus balik yaitu pada Selasa, 26 Desember 2023 untuk periode Natal dan Senin, 1 Januari 2024 untuk periode Tahun Baru yang bertujuan untuk menghindari penumpukan kendaraan.

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan tol untuk mengantisipasi perjalanan periode libur Natal 2023 dengan baik.

Sebelum memasuki jalan tol, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, tetap mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker) saat berada di rest area, memastikan kecukupan BBM, dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan.

Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas jalan tol dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.

Baca juga: Trafik kendaraan masuk Tol Semarang-Batang mulai meningkat

Baca juga: Jasa Marga tetap fokus kualitas pelayanan tol terkait uji coba MLFF


 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023