Yerusalem (ANTARA) - 10 pekan pertama perang Israel-Gaza merupakan masa paling mematikan bagi jurnalis, dengan mencatatkan jumlah jurnalis terbanyak yang terbunuh dalam satu tahun di satu lokasi, kata Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ) pada Kamis.

Menurut lembaga yang berbasis di Amerika Serikat itu, Sebagian besar jurnalis dan pekerja media yang tewas dalam perang – yaitu 61 dari 68 orang – adalah warga Palestina.

Laporan tersebut mengatakan pihaknya “sangat prihatin dengan pola yang jelas menargetkan jurnalis dan keluarga mereka oleh pihak militer Israel.”

Juru bicara militer Israel berdalih bahwa pasukannya tidak menargetkan jurnalis.

Sebanyak empat jurnalis Israel dan tiga jurnalis Lebanon, termasuk jurnalis visual Reuters Issam Abdallah, juga terbunuh antara 7 Oktober dan 20 Desember, menurut data CPJ.

Kelompok tersebut, sebuah organisasi nirlaba yang mempromosikan kebebasan pers di seluruh dunia, mengatakan pihaknya sedang menyelidiki lebih lanjut penyebab kematian semua jurnalis.

Terungkap bahwa upaya-upaya tersebut di Gaza terhambat oleh kehancuran yang meluas dan pembunuhan anggota keluarga jurnalis, yang biasanya menjadi sumber bagi penyelidik yang menyelidiki bagaimana para jurnalis tersebut meninggal.

Pelaporan di Gaza sangat dibatasi akibat pemboman Israel yang intens, dengan terputusnya komunikasi berulang kali dan kurangnya makanan, bahan bakar dan perumahan, kata CPJ, seraya menambahkan bahwa jurnalis asing belum dapat mengakses jalur tersebut secara independen selama perang berlangsung.

“Perang Israel-Gaza adalah situasi paling berbahaya bagi jurnalis yang pernah kita lihat, dan angka-angka ini menunjukkan hal itu dengan jelas. Tentara Israel telah membunuh lebih banyak jurnalis dalam 10 pekan dibandingkan tentara atau entitas lain dalam satu tahun," kata Sherif Mansour, koordinator program CPJ di Timur Tengah dan Afrika Utara.

"Dan dengan setiap jurnalis yang terbunuh, perang ini menjadi lebih sulit untuk didokumentasikan dan dipahami," tambahnya.

Laporan CPJ pada Mei menemukan bahwa tentara Israel telah membunuh sedikitnya 20 jurnalis dalam 22 tahun terakhir dan tidak ada satupun yang pernah dituntut atau dimintai pertanggungjawaban.

Awal bulan ini, penyelidikan Reuters menemukan bahwa awak tank Israel membunuh Abdallah dan melukai enam wartawan di Lebanon pada 13 Oktober dengan menembakkan dua peluru secara berurutan dari Israel ketika para jurnalis sedang merekam penembakan lintas batas.

Sedikitnya 1.200 orang tewas di Israel dan 240 orang disandera pada 7 Oktober setelah serangan mendadak Hamas, menurut penghitungan Israel.

Sementara itu, pejabat kesehatan Gaza mengatakan hampir 20.000 warga Palestina telah dipastikan tewas dalam serangan Israel, dan ribuan orang lainnya diyakini tewas di bawah reruntuhan.

Sumber: Reuters

Baca juga: 97 wartawan Palestina terbunuh oleh militer Israel selama perang Gaza
Baca juga: Al Jazeera: Israel bunuh juru kamera di Gaza dengan serangan drone
Baca juga: AS tak punya petunjuk tentang kesengajaan Israel targetkan jurnalis di Gaza

 

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2023