Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere belum dikenakan tarif tol.
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga  (Persero) Tbk, melalui anak usahanya PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) mulai mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere, Jumat.

Direktur Utama PT CSJ Mirza Nurul Handayani di Jakarta, menjelaskan, Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere belum dikenakan tarif tol.

Bagi pengguna jalan baik dari arah Bogor menuju Serpong, Kunciran, Bandara serta sebaliknya, tetap melakukan transaksi di Gerbang Tol (GT) Limo Utama, GT Limo 1 dan GT Limo 2.

Baca juga: Jasa Marga catat 476 ribu kendaraan tinggalkan Jabotabek

Gerbang Tol (GT) Limo Utama, GT Limo 1 dan GT Limo 2. dikelola oleh PT TLKJ (Trans Lingkar Kita Jaya).

"Ketika beroperasi, ujung dari main road Jalan Tol Serpong Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere di Km 35+262 akan tersambung langsung dengan main road dari Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo," kata Mirza.

Ia menambahkan dengan tersambungnya jalan tol dimaksud, pengguna jalan yang akan masuk atau keluar di Limo ataupun menerus dari atau menuju Jalan Tol Jagorawi tetap akan melakukan transaksi di GT Limo Utama, GT Limo 1 dan GT Limo 2 dengan besaran tarif tol untuk Jalan Tol Cinere-Jagorawi yang telah beroperasi sebelumnya.

Seksi 2 Pamulang-Cinere memiliki panjang 3,64 km yang akan tersambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ).

Baca juga: Jasa Marga berlakukan potongan tarif tol 10 persen

Mirza mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik. Selain itu pengguna jalan juga perlu memastikan kecukupan bahan bakar kendaraan dan mematuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan.

Untuk mendukung pengoperasian, PT CSJ juga telah menyiapkan sejumlah sarana pendukung diantaranya posko petugas Jasa Marga Siaga periode Natal dan Tahun Baru 2023/2024, menyiagakan petugas Mobile Service Customer Service, informasi pada Dynamic Message Sign, rambu-rambu petunjuk dan peringatan seperti batas kecepatan, rambu penunjuk arah dan lampu penerangan.

Jalan Tol Serpong-Cinere terkoneksi dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 Wilayah Barat.

Jalan Tol JORR 2 menambah alternatif dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta, sehingga pengguna jalan yang tinggal di sekitar Jabotabek juga dapat menghindari kepadatan yang berpotensi terjadi di Jalan Tol Sedyatmo yang merupakan akses utama dari Jalan Tol JORR 1 dan Jalan Tol Dalam Kota baik dari arah Tj. Priok maupun arah Cawang.

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023