...`open house` diadakan pada hari pertama pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masuk kerja..."
Yogyakarta (ANTARA News) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X akan mengadakan "open house" dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, 12 Agustus 2013.

"Jadi, `open house` diadakan pada hari pertama pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masuk kerja setelah libur Lebaran 2013," kata Kepala Bagian Humas, Biro Umum, Humas, dan Protokol Setda DIY Iswanto di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, "open house" kembali diadakan di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY, setelah selama dua tahun sebelumnya digelar di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

"Pada Lebaran 2011 dan 2012 `open house` digelar di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, tetapi pada Lebaran 2013 kembali diadakan di Bangsal Kepatihan," katanya.

Ia mengatakan, dalam "open house` yang terbuka bagi seluruh warga di DIY dan sekitarnya tersebut Sultan akan didampingi istrinya GKR Hemas dan Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX.

"Dalam `open house` yang diadakan mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB itu siapapun boleh hadir untuk bersalaman dengan Sultan, GKR Hemas, dan Paku Alam," katanya.

Menurut dia, warga yang hadir dalam "open house" itu diperkirakan sekitar 3.000 orang. Mereka akan disediakan konsumsi berupa makanan tradisional dan produk dalam negeri.

"Dana untuk penyediaan konsumsi bagi ribuan warga tersebut ditanggung Pemerintah DIY karena `open house` merupakan kegiatan Sultan sebagai gubernur," katanya. (B015/M008)

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013