Saya sudah cek stok berbahan pokok penting di pasar dan gudang distributor aman.
Pangkalpinang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA memastikan stok kebutuhan pokok masyarakat selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mencukupi, karena pasokan dari berbagai sentra produksi lancar.

"Saya sudah cek stok berbahan pokok penting di pasar dan gudang distributor aman, bahkan cukup hingga dua bulan ke depannya," kata Safrizal ZA, di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menyatakan dalam memastikan stok berbagai kebutuhan pokok ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini, dirinya bersama forkopimda provinsi, kabupaten/kota juga melakukan pengecekan bongkar muat barang di sejumlah pelabuhan.

"Kemarin saya melihat langsung kegiatan bongkar sembako dan kebutuhan penting masyarakat lainnya di Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Ruh Pulau Belitung dan semuanya berjalan lancar," ujarnya lagi.

Dia menyatakan dalam menjaga stabilitas harga sembako ini, dirinya bersama para distributor juga melakukan kesepakatan untuk tidak menaikkan harga berbagai kebutuhan pokok masyarakat menjelang natal dan tahun baru ini.

"Seluruh pedagang dan distributor utama di Pulau Belitung sudah berjanji tidak akan menaikkan harga menjelang dan selama natal dan tahun baru," ujarnya.

Ia menegaskan arus barang berbagai kebutuhan pokok masyarakat harus lancar, agar tidak terjadi kekurangan stok yang akan mengakibatkan harga naik menjelang natal dan tahun baru ini.

"Kami sudah bereskan semuanya dan mudah-mudahan ini semua lancar," katanya pula.

Menurut dia, dalam memastikan stok dan harga stabilnya, dirinya bersama forkopimda memonitor perkembangan harga di pasar tradisional dan modern, agar tidak terjadi lonjakan harga yang akan menaikkan inflasi dan memberatkan ekonomi masyarakat.

"Kita berharap harga berbagai kebutuhan pokok masyarakat tidak mengalami kenaikan signifikan yang akan memberatkan ekonomi masyarakat kurang mampu dalam menyambut natal dan tahun baru ini," katanya lagi. 
Baca juga: Penjabat Gubernur Babel meninjau pasar pastikan harga sembako
Baca juga: Pemprov Babel terapkan nomor antrean daring truk sembako di SPBU

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023