Jakarta (ANTARA) - Pegolf Thailand Atthaya Thitikul menguasai puncak klasemen hari kedua Simone Asia Pacific Cup 2023, setelah ia mencatatkan 65 pukulan atau tujuh under, untuk membuat ia total mengumpulkan 133 pukulan atau 11 under, Jumat.

Pada hari pertama yang berlangsung Kamis, Atthaya berbagi posisi teratas dengan tiga pegolf lainnya yakni Lee Hyosong asal Korea Selatan (Korsel), Lee Dayeon (Korsel), dan kompatriotnya Phannarai Meesom-Us.

Namun Atthaya melejit sendirian pada hari kedua ajang yang berlangsung di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, tersebut. Pegolf 20 tahun itu mencatatkan delapan birdie yakni pada hole 6, 8, 9, 12, 13, dan 15, serta hanya satu bogey yakni pada hole 17.

“Mungkin approach shotnya di green berjalan dengan baik pada hari ini. Dan juga putter. Saya tahu green di sini agak sedikit sulit, dan saya tidak terlalu terbiasa. Menurut saya approach shot ke pin dapat dilakukan dengan sangat baik,” kata Atthaya saat ditemui seusai pertandingan.

Dengan keunggulan besar tersebut, Atthaya berpeluang besar merebut gelar juara pada putaran ketiga atau terakhir yang akan dimainkan pada Sabtu (23/12) besok. Namun ia tidak mau sesumbar dapat membawa pulang trofi Simone.

“Saya berusaha. Apapun dapat terjadi besok. Saya akan menerimanya, karena saya tidak berharap apa-apa sama sekali saat datang ke ajang ini. Saya hanya datang, menikmatinya, dan memainkan permainan golf saya sebaik mungkin. Maka hasil apapun yang akan terjadi, saya akan menerimanya,” tutur Atthaya.
 

Pegolf profesional Thailand Atthaya Thithikul menjawab pertanyaan pewarta setelah menyelesaikan permainannya pada turnamen Simone Asia Pacific Cup 2023, di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, Jumat (22/12/2023).ANTARA/Rauf Adipati/am.


Baca juga: Atthaya siap lakoni debut di Simone Asia Pasific Cup 2023 Jakarta

Pesaing terdekat Atthaya adalah pegolf Korsel Lee Daeyeon, yang sempat menduduki posisi T1 pada putaran pertama. Lee mencatatkan 70 pukulan pada putaran kedua, untuk membuatnya memiliki total 138 pukulan atau 6 under.

Kompatriot Atthaya, Eila Galistsky, yang masih berstatus amatir, menyodok ke posisi ketiga setelah pada putaran kedua mencatatkan 69 pukulan untuk membuatnya total mengoleksi 139 pukulan atau tujuh under.

Untuk wakil tuan rumah, Elaine Widjaja masih menjadi pegolf Indonesia dengan posisi terbaik di klasemen sementara Simone Asia Pacific 2023.

Pegolf kelahiran Semarang, Elaine, naik ke posisi T28 setelah pada putaran pertama menghuni posisi ke-38. Ia mencatatkan 72 pukulan pada putaran kedua, untuk membuatnya memiliki koleksi total 148 pukulan atau empat over.

Pegolf Indonesia lainnya, Kristina Natali Yoko, yang pada putaran pertama menduduki posisi ke-38 bersama Elaine, juga berhasil memanjat naik di klasemen sementara. Yoko kini menduduki posisi T32 setelah pada putaran kedua mencatatkan 73 pukulan sehingga ia total memiliki 149 pukulan atau lima under.

Selain Elaine dan Yoko, para wakil tuan rumah lainnya masih tercecer di bagian bawah klasemen. Inez Wannamarta berada di posisi T45 setelah mencatatkan total 155 pukulan atau 11 over. Indira Melati Putri berada di posisi ke-50 dengan catatan total 157 pukulan atau 13 over, dan Patricia Sinolungan menghuni posisi T53 dengan catatan total 160 pukulan atau 16 over.

Turnamen khusus pegolf putri Simone Asia Pacific Cup 2023 akan memainkan hari terakhir di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, pada Sabtu (23/12) besok.

Baca juga: Elaine dan Yoko pegolf Indonesia terbaik hari pertama Simone APAC Cup
Baca juga: Elaine lambungkan bola golf dari driving range hingga SEA Games


 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023