Dari hasil pantauan memang ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, namun secara keseluruhan ketersediaan bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru aman
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura Provinsi Papua memastikan ketersediaan bahan pokok di daerah itu cukup tersedia menjelang perayaan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura Jumat mengatakan, pihaknya bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) setempat telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada Kamis (21/12) di sejumlah pasar modern dan tradisional.

"Dari hasil pantauan memang ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, namun secara keseluruhan ketersediaan bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru aman," katanya.

Menurut Pekey, komoditas yang mengalami kenaikan harga seperti cabai rawit dari sebelumnya Rp70 ribu per kilogram saat ini mencapai Rp150 ribu per kilogram, dan cabai merah keriting Rp100 ribu.

"Tomat juga mengalami kenaikan harga dari Rp20 ribu menjadi Rp35 ribu hingga Rp40 ribu," katanya.

Dia menjelaskan, sementara untuk harga bawang merah dan bawang putih relatif stabil, yakni Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram.

"Kami mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik karena ketersediaan bahan pokok sangat tersedia menjelang Natal dan Tahun Baru," katanya.

Dia menambahkan, dalam pelaksanaan sidak ke pasar pihaknya juga sekaligus memberikan imbauan kepada semua pedagang agar tidak memanfaatkan perayaan Hari Raya Natal untuk menaikkan harga bahan pokok yang berlebihan.

"Kami juga akan terus melakukan pemantauan harga dan ketersediaan barang supaya tetap tersedia," katanya.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023