Mari kita bersujud semuanya seluruh saudara di seluruh Indonesia kepada ibu kita dalam rangka mengucapkan selamat Hari Ibu.
Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Mohammad Mahfud Md. mengajak masyarakat Indonesia untuk bersujud kepada ibu dalam rangka Hari Ibu 2023.

"Mari kita bersujud semuanya seluruh saudara di seluruh Indonesia kepada ibu kita dalam rangka mengucapkan selamat Hari Ibu, 22 Desember 2023 ini," kata Mahfud dalam debat kedua Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat.

Selain itu, Mahfud juga mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk dapat melanjutkan pengabdian kepada ibu pertiwi.

Sebelumnya, pasangan Calon Presiden RI Ganjar Pranowo tersebut menyatakan komitmennya untuk memajukan perempuan Indonesia bila terpilih sebagai wapres nanti.

"Kami, Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Ganjar Pranowo-Mohammad Mahfud Md. mengucapkan selamat Hari Pergerakan Perempuan Indonesia, yang negara menyebutnya dengan Hari Ibu, kepada seluruh perempuan Indonesia," kata Mahfud saat menghadiri rangkaian Hari Ibu di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat pagi.

Menurut Mahfud, kehadiran, keterlibatan, dan kepemimpinan perempuan Indonesia telah membuat catatan yang sangat penting dalam perjalanan bangsa dan gerak pembangunan selama ini.

Mahfud menyadari perempuan Indonesia memiliki peran penting dalam pemajuan pembangunan. Oleh karena itu, pasangan Ganjar-Mahfud berkomitmen memajukan perempuan Indonesia melalui delapan upaya.

Pertama, mewujudkan legislasi untuk tersedianya lapangan kerja yang mudah diakses oleh perempuan dan memastikan lingkungan kerja ramah terhadap perempuan.

"Kedua, mewujudkan legislasi dan anggaran yang memadai untuk jaminan kesehatan bagi perempuan pekerja berbasis rumahan dalam bentuk akses pada keikutsertaan dalam BPJS ketenagakerjaan," tambah Mahfud.

Ketiga, mewujudkan legislasi dan anggaran yang memadai untuk penempatan satu psikolog di setiap puskesmas di seluruh Indonesia dalam upaya penanganan kesehatan mental bagi perempuan, anak dan masyarakat.

Keempat, mewujudkan legislasi dan anggaran yang memadai untuk terbentuknya satuan tugas pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di setiap satuan lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta.

Kelima, memastikan perubahan legislasi peningkatan keterwakilan perempuan dalam keanggotaan badan perwakilan desa (BPD), yaitu dari satu perempuan ditingkatkan menjadi tiga perempuan dari keseluruhan jumlah anggota BPD.

Keenam, mendorong keterwakilan perempuan dengan disabilitas di posisi pengambilan keputusan dalam pemerintahan pada semua tingkatan.

Ketujuh, memastikan legislasi hak-hak asasi perempuan adat, perempuan petani, dan perempuan pesisir, dalam hak adat atas tanah dan sumber daya alam.

"Kedelapan, mewujudkan desa, kampung, dan kota ramah untuk perempuan lanjut usia," ujar Mahfud.

Baca juga: Mahfud sebut pinjol sangat problematik bagi pembangunan bangsa
Baca juga: Cak Imin: Kepastian hukum tingkatkan investasi, buat UMKM naik kelas
Baca juga: Debat cawapres, Gibran yakin RI jadi raja energi hijau dunia


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Selepas debat pertama antarcapres pada hari Selasa (12/12), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada hari Jumat (22/12) di Jakarta.

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023