Jakarta (ANTARA) - PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menggandeng TNI untuk mengawal pelayaran selama liburan Natal dan tahun baru.

Kepala Cabang PT. Pelni Tanjung Priok, Anwar Sanusi mengatakan bahwa personel TNI Angkatan Laut telah beroperasi mengawal pelayaran atau perjalanan laut dan kegiatan di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Ya untuk liburan Natal dan tahun baru, kita menggandeng TNI Angkatan Laut ya untuk mengawal baik pelayaran atau juga kegiatan di Pelabuhan," ungkap Anwar saat dihunungi di Jakarta pada Jumat.

Anwar melanjutkan, untuk pengamanan di atas kapal penumpang yang berjumlah sembilan armada, empat personel TNI AL bersiaga.

"Kami ini khusus 'peak season' (musim puncak) ya, ada yang ditempatkan langsung 'on-board' empat personil rata-rata. Itu yang mengikuti pelayaran dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan dan saat pulang lagi," kata Anwar.

Selain itu, kata Anwar, pengamanan oleh TNI juga dilakukan di area inti pelabuhan dan sekitarnya.

"Kita juga menempatkan personel TNI di area-area 'ring 1' (inti) kita, seperti di tangga kapal, terus di dalam terminal dan terutama penumpang, di bagasi gitu kan. Ada pengunjung (tertentu) kadang-kadang yang harus diawasi," kata Anwar.

Anwar mengatakan, di hari biasa pihaknya menempatkan delapan personel TNI di area inti, tetapi di masa liburan Natal dan tahun baru pihaknya menempatkan hingga dua kali lipat.

"Kita tempatkan untuk yang existing itu delapan personel. Tapi kalau lagi pas Natal dan tahun baru begini, kita bisa dua kali lipat di area 'ring 1'," pungkas Anwar.

Sementara itu, kata Anwar, untuk area sekitarnya, itu kewenangan pihak PT. Pelindo sebagai pihak pengelola Pelabuhan Tanjung Priok.

"Kalau ring 2 dan ring 3 kan kewenangan PT. Pelindo itu. Tapi kita juga kerja sama dengan PT. Pelindo untuk pengamanannya," pungkas Anwar.

Baca juga: Pelni jamin fasilitas tersedia di Pelabuhan Tanjung Priok saat mudik

Baca juga: 420 pemudik di Batam ikut program mudik gratis dari Kemenhub-Pelni

Baca juga: Pelni: KM Dorolonda dua kali berlayar dari Medan pada Natal-Tahun Baru


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023