Kami meningkatkan kapasitas di Dermaga 2 yang awalnya hanya kapal di bawah 5.000 GT namun sekarang sudah bisa di atas 10.000 GT
Merak (ANTARA) -
Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu dinihari, dipadati kendaraan roda empat untuk menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.
 
"Kami senang telah tiba di Pelabuhan Merak dan hanya mengantre sekitar satu jam bisa diseberangkan," kata Antonius (45) seorang pengendara roda empat saat ditemui di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak Cilegon, Sabtu.
 
Selama ini, pelayanan Pelabuhan Merak relatif baik, karena penjualan tiket secara daring sehingga kondisi dermaga dalam keadaan lancar.
 
Harga tiket yang dijual secara daring, kata dia, dirinya membayar sebesar Rp600 ribu karena menggunakan jasa kapal ekspres.
 
Selain itu juga jadwal keberangkatan kapal ekspres dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni tepat waktu.
 
"Kami dari Bekasi berangkat dari rumah pukul 21.00 WIB dan bisa menyeberang pukul 00.30 WIB," kata Antonius yang hendak menuju Bangka Belitung.

Baca juga: Pertamina pantau persediaan BBM di SPBU Tol Tangerang-Merak cukup

Baca juga: Kabasarnas pantau angkutan Natal-tahun baru di Pelabuhan Merak 
 
Begitu juga Amir (45) seorang pengemudi angkutan sayuran mengaku selama diberlakukan penjualan tiket secara daring ini perjalanan lancar dan tidak terjadi penumpukan kendaraan.
 
Bahkan, pada H-2 Natal atau Sabtu (23/12) perjalanan dari Bandung ke Pelabuhan Merak lancar.
 
"Kami perjalanan dari Bandung ke Pelabuhan Merak hanya empat jam dan langsung bisa diseberangkan," kata Amir yang hendak menuju Bandar Lampung.
 
General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Suharto mengatakan, pihaknya  memprediksi jumlah penumpang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mengalami kenaikan sekitar 15 persen dibandingkan pada periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.
 
Namun, puncak jumlah penumpang liburan Natal 2023 di Pelabuhan Merak terjadi pada 22-23 Desember 2023.
 
Selanjutnya, ASDP mengoptimalkan 7 dermaga untuk melayani penumpang  dengan mengoperasikan 32 kapal dengan kapasitas besar.
 
"Kami meningkatkan kapasitas di Dermaga 2 yang awalnya hanya kapal di bawah 5.000 GT namun sekarang sudah bisa di atas 10.000 GT," katanya.

Baca juga: PT ASDP mengalihkan kendaraan ke Pelabuhan Ciwandan

Baca juga: Basarnas siap antisipasi keadaan gawat darurat di Natal dan Tahun Baru

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023