Exit tol Km 149 ini merupakan salah satu akses yang dapat digunakan oleh penumpang untuk mengakses Stasiun Tegalluar.
Jakarta (ANTARA) - General Manager Corporate Secretry PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa mengatakan bahwa perpanjangan jam operasional exit tol Km 149 Tol Padaleunyi mempermudah penumpang Kereta Cepat Whoosh tujuan Stasiun Tegalluar yang akan melanjutkan perjalanan dengan kendaraan pribadi.

"Exit tol Km 149 ini merupakan salah satu akses yang dapat digunakan oleh penumpang untuk mengakses Stasiun Tegalluar. Perpanjangan operasional ini akan semakin memudahkan penumpang yang akan berangkat menggunakan kereta pagi ataupun malam dari Stasiun Tegalluar," kata Eva, di Jakarta, Sabtu.

Eva menyampaikan, exit tol Km 149 Tol Padaleunyi yang merupakan salah satu akses menuju Stasiun Tegalluar mengalami perpanjangan jam operasional mulai 23 Desember 2023.

Exit tol yang sebelumnya beroperasi pada pukul 07.00 s.d 17.00 WIB, tetapi kini selama masa natal dan tahun baru beroperasi mulai 06.00 sd 22.00 WIB.

Ia mengatakan, selain melalui akses tol, penumpang dengan tujuan Stasiun Tegalluar juga bisa menggunakan layanan shuttle yang tersedia menuju Summarecon Bandung, Masjid Al Jabbar, Stasiun Gedebage, Trans Studio Mall, Alun Alun Bandung, Pasar Baru, Stasiun Bandung, dan berbagai destinasi lainnya.

Peningkatan aksesibilitas untuk memudahkan penumpang kereta cepat terus dilakukan, mengingat saat ini KCIC secara konsisten terus melakukan penambahan jumlah perjalanan kereta cepat Whoosh, menyesuaikan dari evaluasi berkala yang dilakukan KCIC.

Dalam rangka menyambut libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, KCIC kembali menambah jumlah perjalanan Kereta Cepat Whoosh dari 40 perjalanan menjadi hingga 48 perjalanan per hari.

Dengan adanya penambahan jadwal perjalanan ini, kapasitas kursi yang disediakan mencapai hingga 28 ribu kursi/hari.

Adapun jam operasionalnya dimulai dari pukul keberangkatan pertama di pukul 06.15 WIB hingga kedatangan terakhir di pukul 21.16 WIB.

Eva menambahkan, sejak dioperasikan secara komersial sampai dengan 22 Desember 2023, tiket Kereta Cepat Whoosh telah dijual mencapai 965 ribu tiket.

Berdasarkan survei, 55 persen di antaranya merupakan penumpang dengan tujuan untuk berlibur.

"KCIC juga akan terus melakukan koordinasi dengan para stakeholder khususnya yang berkaitan dengan aksesibilitas, sehingga dapat memberikan kemudahan para pengguna jasa kereta Whoosh dari dan menuju stasiun, katanya pula.
Baca juga: KCIC catat ketepatan waktu berangkat Whoosh capai 99,9 persen
Baca juga: KCIC tambah 8 perjalanan Whoosh pada masa liburan akhir tahun

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023