Kalau beli online terkadang tempat duduk saya sudah ada yang dudukin, padahal seharusnya saya di situ. Jadi ya mending langsung aja,
Jakarta (ANTARA) - Mayoritas penumpang di Terminal Kalideres lebih memilih untuk membeli tiket secara langsung daripada daring (online) lantaran terkadang masih terdapat kesalahan penghitungan kuota tempat duduk bus yang menyebabkan nomor ganda.

Salah satu penumpang tersebut yakni Denanda (19), yang mengaku lebih memilih untuk membeli tiket secara langsung di loket bus karena untuk kuota penempatan duduknya cenderung lebih jelas.

"Kalau beli online terkadang tempat duduk saya sudah ada yang dudukin, padahal seharusnya saya di situ. Jadi ya mending langsung aja," ujar Denanda saat ditemui di Terminal Kalideres, Jakarta, Sabtu.

Setiap libur panjang, Denanda mengatakan selalu memilih untuk pulang ke kampung halaman di Palembang dengan menggunakan bus karena harganya yang terjangkau dibanding tiket pesawat. Namun, salah satu kendala yang dihadapi saat memesan tiket bus yakni harus datang lebih awal ke loket karena pelayanan pemesanan secara daring belum maksimal.

Senada dengan Denanda, Zamhari (70) juga lebih memilih untuk membeli tiket bus secara langsung untuk pulang ke Bengkulu. Tetapi, keputusan tersebut lebih dikarenakan dirinya yang sudah terlalu tua untuk mempelajari cara pembelian tiket secara daring.

"Ya, sudah tua begini beli langsung aja di loket cuma memang salah satu kendalanya kalau sudah habis dan nggak kebagian tiket ya pulang," ungkap Zamhari.

Pengelola salah satu PO Bus di Terminal Kalideres, Saipul (60) menyebutkan para penumpang di terminal tersebut memang cenderung membeli tiket secara langsung dibanding secara daring.

"Memang kalau beli online yang ditakutkan tiketnya bentrok, jadi lebih baik membeli online," ucap Saipul.

Maka dari itu, Saipul pun mengimbau agar para penumpang bisa membeli tiket lebih awal sebelum keberangkatan agar tidak kehabisan, terutama pada musim liburan akhir tahun seperti saat ini.

Pada libur akhir tahun ini, puncak peningkatan penumpang di Terminal Kalideres diperkirakan terjadi pada 22-23 Desember 2023 dan 28-29 Desember 2023.

Saat puncak peningkatan penumpang Jumat (22/12), penumpang yang berangkat dari Terminal Kalideres mencapai 946 orang, meningkat cukup signifikan dari 500 orang per hari pada hari biasa.

Sementara untuk puncak peningkatan penumpang pada hari ini, pengelola Terminal Kalideres memperkirakan akan terdapat 1.500 penumpang yang berangkat, baik untuk tujuan Pulau Jawa dan Sumatera.

Baca juga: BPH Migas pastikan pasokan energi aman menjelang Natal-tahun baru
Baca juga: 53 ribu kendaraan tinggalkan Jakarta via Tol Japek pada H-2 Natal 2023
Baca juga: Pasar Asemka jadi pilihan masyarakat berburu pernak-pernik Natal

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023