Mereka sudah kami instruksikan untuk mengantisipasi kebersihan lingkungan gereja yang menjadi tugas masing-masing
Jakarta (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menerjunkan 1.680 personel untuk menjamin kebersihan dan memastikan  tidak ada penumpukan sampah di Jakarta pada perayaan Natal 2023.
 
"Personel dari semua suku dinas LH tingkat kota administrasi dan satuan pelaksana LH di tiap kecamatan. Mereka sudah kami instruksikan untuk mengantisipasi kebersihan lingkungan gereja yang menjadi tugas masing-masing," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto di Jakarta, Minggu.
 
Asep menyebut kegiatan penanganan kebersihan selama Natal ini tetap berlangsung seperti biasa. Meski Natal 2023 ini jatuh pada hari libur, pasukan oranye Dinas LH DKI tetap bekerja seperti biasa.
 
Selain itu, untuk mengantisipasi adanya penumpukan sampah pada momen perayaan Natal tahun ini, pihaknya juga telah mempersiapkan rencana operasi, satuan tugas, sarana, dan armada penanganan sampah.
 
Dinas LH, kata Asep, menurunkan minimal 40 personel penanganan kebersihan di setiap kecamatan. Setiap personel ditugaskan memastikan Natal dan rangkaian perayaannya berjalan dengan nyaman tanpa sampah.
 
"Bahkan ada petugas yang ikut serta gotong royong membersihkan gereja bersama pengurus untuk mempersiapkan rangkaian perayaan Natal," ujar Asep.
 
Dinas LH juga mengerahkan "regu comot" di lingkungan gereja bekerja sama dengan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan terkait untuk memungut sampah yang ada di lokasi.
 
Selain personel, Dinas LH juga menyiapkan kendaraan angkut sampah, mobil penyapu jalan otomatis (road sweeper),  toilet portabel, tempat sampah beroda, dan menyiagakan TPST Bantargebang  1x24 jam untuk melakukan pelayanan di malam Natal.
 
Asep menjelaskan khusus bagi gereja-gereja besar yang jemaatnya ramai, petugas dan armada penanganan kebersihan ditugaskan lebih optimal.

Sebagai contoh di Gereja Katedral dan Immanuel Jakarta Pusat, Gereja Ayam di Jakarta Barat, Gereja Advent dan HKBP Pasar Minggu Jakarta Selatan, Gereja Theresia Jakarta Timur, dan Gereja Tiberias Indonesia Kelapa Gading Jakarta Utara petugas yang ditempatkan akan lebih banyak.
 
Kebersihan di tempat wisata
 
Selain di gereja, Asep menyebut pihaknya juga mengantisipasi penanganan kebersihan di tempat-tempat wisata Jakarta selama libur Natal. Seperti di Kawasan Monas, Taman Margasatwa Ragunan, Kawasan Ancol, Kawasan Kota Tua, dan Taman Mini Indonesia Indah.
 
"Walaupun tempat-tempat wisata tersebut sudah punya petugas dari pengelola, penanganan kebersihannya kita dukung untuk menjamin kualitas layanan yang lebih baik," ucap Asep.
 
Di beberapa tempat wisata dan pusat keramaian utamanya di Jakarta juga disiapkan toilet bus, mobil sapu jalan otomatis, penyediaan tambahan tempat sampah, serta petugas yang setiap dua jam sekali melakukan penyisiran sampah.
 
Lebih lanjut, Dinas LH DKI juga membuka kanal-kanal dan saluran (hotline) pengaduan penanganan sampah melalui sosial media Dinas Lingkungan Hidup maupun Pemprov DKI Jakarta.
Baca juga: Polisi periksa gereja di Taman Sari
Baca juga: Polisi imbau jemaat tak bawa kendaraan pribadi saat rayakan Natal
Baca juga: 200 ribu umat hadiri perayaan Natal Gereja Tiberias di GBK

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023