apabila macet kita akan lakukan pengalihan, arus diarahkan ke pintu barat begitu juga sebaliknya jika nanti di barat sudah padat atau macet pintu utama akan kita buka
Jakarta (ANTARA) - Perwira Panitia Lalu Lintas (Panit Lantas) Pasar Minggu, Ipda Pol Neni Handayani, mengatakan  pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan karena ramainya pengunjung Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, pada libur jelang Natal, Minggu.

“ini ada 2 pintu ya, pintu utama sama pintu barat itu pintu masuk, apabila macet kita akan lakukan pengalihan arus diarahkan ke pintu barat begitu juga sebaliknya jika nanti di barat sudah padat atau macet akan di sini pintu utama akan kita buka," kata Neni kepada ANTARA di Jakarta, Minggu.

Sedangkan untuk pintu keluar, terdapat dua pintu di belakang, yaitu pintu timur dan pintu selatan. Neni mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas juga akan dilakukan dengan cara buka tutup jalan apabila terjadi kemacetan atau kepadatan di pintu keluar tersebut.

Neni mengatakan hingga pukul 09.30 WIB, arus lalu lintas menuju Ragunan masih lancar. Namun, ia menambahkan bahwa pihaknya akan meningkatkan jumlah personel jika terjadi kemacetan.

Lebih lanjut, Neni menambahkan petugas kepolisian yang diturunkan di kawasan Ragunan sebanyak 15 orang.

Tiga perwira ditempatkan di pintu masuk utama Ragunan dan dua lagi di dekat halte TransJakarta Kementerian Pertanian.

Sementara itu, anggota lainnya ditempatkan di sisi selatan dan utara, masing-masing sebanyak 4 hingga 5 orang.

"Sedangkan untuk sisi timur dan selatan belum ada anggota karena itu masih sepi karena biasanya pengunjung keluarnya sore," kata Neni.

Baca juga: H-2 Natal, ASDP Merak seberangkan 61.965 penumpang
Baca juga: Contraflow kembali diterapkan di KM 55-65 jalan Tol Jakarta-Cikampek


Neni mengimbau kepada para pengunjung Ragunan untuk selalu berhati-hati dan patuh terhadap peraturan lalu lintas yang berlaku.

"Kami imbau untuk para pengunjung selalu berhati-hati dan patuh terhadap peraturan lalu lintas yang diberlakukan," kata Neni.

Dengan demikian Neni berharap langkah-langkah yang telah disiapkan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap pengunjung yang ingin berlibur di Taman Margasatwa Ragunan.

Baca juga: Danru Terminal Terpadu Pulo Gebang jamin keamanan dan kenyaman pemudik
Baca juga: Pertamina siagakan 3 mobil tangki di Bali saat libur Natal-tahun baru


Pewarta: Arif Prada
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2023