Jayapura (ANTARA) -
PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat berbagi cara menggunakan listrik yang aman dan bijak pada perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Bumi Cenderawasih.
 
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono di Jayapura, Minggu, mengatakan penggunaan listrik yang aman sangat penting diperhatikan pada seluruh masyarakat khususnya di perayaan Natal seperti agar tidak terjadi kosleting listrik.
 
"Untuk itu kami mengimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan keamanan penggunaan listrik khususnya pada liburan Natal dan Tahun Baru 2024," katanya.
 
Menurut Budiono, pertama yakni segera cabut stop kontak alat elektronik apabila sudah tidak digunakan, kedua memastikan alat elektronik serta jaringan dalam instalasi rumah seperti kabel dan pengukuran lampu memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Sertifikat Laik Operasi (SLO).
 
"Ketiga menggunakan listrik sesuai daya yang terpasang serta tidak mengambil atau menyambung listrik dari tiang rumah," ujarnya.
 
Dia menjelaskan keempat khusus untuk pelanggan pasca bayar, dianjurkan bayar tagihan listrik di awal bulan lalu Kelima bagi pelanggan prabayar, diimbau untuk mengisi token listrik secukupnya dan siapkan cadangan bila diperlukan agar bisa dipakai sewaktu-waktu.
 
"Dan keenam apabila daya listrik di rumah sudah tidak mencukupi, segera tambah daya secara resmi ke PLN," katanya lagi.
 
Dia menambahkan dengan berbagi seperti ini kepada masyarakat diharapkan dapat mencegah terjadinya kebakaran akibat korsleting.
 
" Kami juga mengingatkan kepada masyarakat yang ingin berpergian diharapkan dapat memastikan keamanan instalasi listrik rumahnya sebelum meninggalkan tempat tinggal," ujarnya.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023