Jayapura (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat bergerak cepat memulihkan aliran listrik pada 25 bangunan usai kebakaran Kamis, 28 Desember 2023 di Kota Jayapura.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono di Jayapura, Kamis, mengatakan sejak api berhasil dipadamkan oleh petugas kebakaran, pemulihan jaringan kelistrikan langsung dilakukan secara bertahap.

“Pekerjaan yang dilakukan dalam pemulihan terdiri dari gardu, jaringan tegangan menengah (JTM) serta jaringan tegangan rendah (JTR) yang mana kini sudah kembali beroperasi seluruhnya,” katanya.

Menurut Budiono, upaya pemulihan listrik telah menurunkan 42 personel dalam melakukan perbaikan. “Dengan mengutamakan keselamatan seluruh pihak baik masyarakat maupun petugas, kami berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan penormalan pasokan listrik,” ujarnya.

Dia menjelaskan pada insiden tersebut sebanyak 37 gardu distribusi, 0,3 kilometer sirkuit JTM dan 0,3 kilometer sirkuit JTR di sekitar wilayah kebakaran rampung diperbaiki sehingga suplai listrik kepada 4.887 pelanggan kembali normal.

“PLN sangat berterima kasih kepada seluruh pihak atas bantuan pengamanan saat proses perbaikan dilakukan,”katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelanggan karena sempat terjadi gangguan kelistrikan akibat insiden yang terjadi di Jayapura lalu.

“Kami pada prinsipnya berkomitmen untuk terus menjaga suplai listrik di Jayapura dan seluruh wilayah di Tanah Papua,” ujarnya lagi.

Sekadar diketahui telah terjadi kebakaran pada Kamis (28/12) 2023 lalu di mana saat pengantaran jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe ke rumah duka yang mana pada kejadian tersebut 25 perumahan di Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua mengalami pembakaran oleh oknum tak dikenal.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024