Pada momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 petugas kesehatan tetap bergabung dengan dua pos pengamanan dan pelayanan, dan tetap puskesmas pinggir jalan siaga melalui piket selama 24 jam
Mukomuko (ANTARA) -
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyiagakan puskesmas yang ada di pinggir Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) selama 24 jam untuk memberikan pelayanan bagi warga yang melakukan perjalanan saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Dinkes Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Minggu, menyebutkan, dari 17 puskesmas di daerah itu  sebanyak tujuh puskesmas di pinggir Jalinsum yang disiagakan yakni di Kecamatan Air Rami, Kecamatan Teramang Jaya, Kecamatan Penarik, Kecamatan Kota Mukomuko, dan Lubuk Pinang.
 
"Pada momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 petugas kesehatan tetap bergabung dengan dua pos pengamanan dan pelayanan, dan tetap puskesmas pinggir jalan siaga melalui piket selama 24 jam," ujarnya.
 
Selain itu, katanya, nanti instansinya juga mengarahkan petugas piket selain menjalankan tugas di puskesmas dan berjaga-jaga di tempat objek wisata yang ramai pengunjung.
 
Ia menyebutkan objek wisata yang ramai pengunjung saat liburan  salah satunya Danau Nibung dan Bendungan Air Manjuto.

Baca juga: Lancar meski penumpang meningkat di Pelabuhan Bakauheni pada H-1 Natal

"Teman-teman petugas kesehatan yang piket di puskesmas datang ke situ untuk berjaga-jaga dan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.
 
Pihaknya selain menyiagakan puskesmas di pinggir jalan nasional serta seluruh puskesmas di pinggir jalan kabupaten dan provinsi siaga memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
 
"Lebih kurang kalau kami hitung dari beberapa puskesmas, kami siagakan petugas kesehatan sebanyak 60 orang yang dipekerjakan secara shift," ujarnya.
 
Ia mengatakan kegiatan tersebut setiap tahun dan instansinya termasuk yang berkolaborasi dengan aparat kepolisian dan perhubungan pada dua titik pos pelayanan dan keamanan.
 
Bustam menambahkan petugas kesehatan di Puskesmas Penarik dan Puskesmas Kota Mukomuko terlibat dalam memberikan pelayanan kesehatan di dua pos pelayanan dan keamanan tersebut.

Baca juga: Libur, penyeberang manfaatkan Krakatau Park untuk istirahat & rekreasi
 

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023