Jakarta (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama l Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi DKI Jakarta meninjau persiapan pelaksanaan ibadah Natal di tiga gereja di Jakarta pada Minggu.
 
Tiga gereja yang dikunjungi Heru bersama Forkopimda DKI itu adalah Gereja Katedral Jakarta, Gereja Kristen Indonesia (GKI) Gunung Sahari dan Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel.
 
Heru yang mengenakan setelan batik berwarna coklat beserta rombongan mulai berangkat dari titik kumpul Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, sekitar pukul 15.47 WIB menaiki bus listrik TransJakarta.
 
Heru tiba di Gereja Katedral Jakarta sekitar pukul 16.02 WIB dan disambut langsung oleh Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo.

Baca juga: Kepolisian lakukan sterilisasi sejumlah gereja di Jakarta Timur
 
Di sana, ia mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyampaikan ucapan selamat Hari Natal 2023 kepada seluruh jemaat yang hadir di Gereja Katedral Jakarta itu.
 
"Kami menyampaikan selamat Hari Natal dan selamat menjalankan ibadah pada sore hari ini," katanya.
 
Heru juga menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan yang baik dari pihak Gereja Katedral Jakarta terhadap rombongannya itu. Ia juga meminta maaf jika kehadirannya beserta rombongan mengganggu proses beribadah di gereja tersebut.
 
"Pemprov DKI juga berharap semua (proses ibadah Natal) berjalan dengan baik dan tidak ada kurang apa pun," ujar dia.

Baca juga: Ribuan personel Kepolisian jaga 150 gereja di Jakpus
 
Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo menyampaikan terima kasih atas kehadiran Heru mewakili Pemprov DKI dan rombongan Forkopimda DKI Jakarta.

Sebelumnya, pengurus Gereja Katedral Jakarta telah menyampaikan mereka menyediakan layanan hibrida, yang meliputi layanan tatap muka dan daring, dalam dua sesi misa malam Natal pada Minggu.

Layanan hibrida disediakan dalam misa Natal pertama dan kedua yang berlangsung pukul 16.30 WIB dan pukul 19.00 WIB, sedangkan misa sesi ketiga pada pukul 21.30 WIB dilaksanakan secara tatap muka saja.
 
Heru meninggalkan Gereja Katedral Jakarta sekitar pukul 16.42 WIB. Ia akan melanjutkan peninjauan ke GKI Gunung Sahari dan GPIB Immanuel.
Baca juga: Polres Metro Jakbar lakukan sterilisasi di 185 gereja

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023