Tokyo (ANTARA) - Wakil Duta Besar Republik Indonesia di Tokyo John Tjahjanto Boestami berpesan kepada warga negara Indonesia (WNI) penganut Kristen di Jepang untuk menjadikan Natal sebagai momentum untuk memperkuat kerukunan, terutama menjelang Pemilu 2024.

“Saya berpesan agar momentum Natal ini menjadi kesempatan untuk kita semua memperkuat kerukunan di antara warga Indonesia di Jepang, utamanya menjelang Pemilihan Umum 2024,” kata John dalam keterangannya di Tokyo, Minggu.

Pernyataan tersebut disampaikan pada perayaan Natal bertema yang bertajuk “Malam Budaya Gembira Indonesia” di Osaka Sabtu, (23/12).

Menurut dia, perbedaan pilihan adalah hal wajar dalam kehidupan berdemokrasi selama tetap saling menghormati. “Dan jadikan beda pilihan sebagai penguat dan perekat kerukunan kita semua,” lanjutnya.

Dalam perayaan Natal itu, hadir 250 peserta umat Kristiani serta perwakilan dari berbagai agama dan kelompok masyarakat lainnya yang berdomisili di wilayah Kansai, Jepang.

Kegiatan kolaborasi Konsulat Jenderal RI (KJRI) Osaka dengan Keluarga Kristiani Indonesia Kansai itu menampilkan seni dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia, di antaranya Tari Bali dan Tari Bajidor Kahot dari PPI Kyoto, peragaan busana nusantara dari Grup Peggy Naghashima, dan Tari Jawa dari Sanggar Lintang Sisik.

Pentas seni budaya tersebut diselenggarakan setelah ibadah Natal yang dipimpin Romo Jerome Padmo.

“Perayaan Natal kali ini sungguh mencerminkan semangat Bhineka Tunggal Ika, mulai dari persiapan hingga pelaksanaannya, saya bisa merasakan gotong-royong erat seluruh elemen masyarakat,” kata John.

Dia menambahkan ibadah Natal yang dirangkaikan dengan kemeriahan tampilan seni dan budaya Indonesia juga semakin membuat mereka dekat dengan nusantara meski jauh dari Tanah Air.

Format kegiatan kolaboratif seperti itu, menurut dia, bisa menjadi rujukan di masa mendatang.

Ketua Panitia Natal Romo Jerome Padmo menyampaikan bahwa perayaan Natal kali ini istimewa karena berpadu dengan pertunjukan seni.

“Ini adalah malam kegembiraan bagi kita semua, terima kasih atas kehadiran seluruh pihak. Malam ini istimewa karena usai Ibadah, dilanjutkan dengan penampilan seni budaya Indonesia, ini kekhasan kita”, katanya.

Di sela-sela perayaan Natal, John menyampaikan penghargaan kepada dua perusahaan Jepang yang meraih Prima Duta Award.

Kategori Importir Promotor Produk Indonesia Takaoka & Co.,Ltd. yang diterima langsung oleh presiden dan CEO Tsuneari Takaoka serta Kategori Importir Produk Halal dan Fesyen Muslim kepada Perwakilan Departemen Pengembangan Pasar Luar Negeri Kobe Bussan Co.,Ltd. Ryosuke Shibata.

Prima Duta Award adalah bentuk penghargaan yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada mitra pembeli yang loyal mengimpor produk Indonesia secara berkala dan berkelanjutan.

Turut hadir dalam penganugerahan tersebut, Merry Maryati, Plt Sekretaris Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, serta Pejabat Indonesian Trade Promotion Center Osaka Dicky Farabi.

Baca juga: Menlu Retno resmikan gedung baru KBRI Tokyo
Baca juga: Dubes sebut gedung baru KBRI Tokyo etalase kebhinekaan
Baca juga: KBRI Tokyo promosikan musik Indonesia pada komunitas diplomatik


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023