Pos terpadu berdiri hingga 2 Januari 2024. Banyak yang terlibat di sini (untuk memastikan kenyamanan wisatawan)
Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama instansi terkait menyediakan pos pengamanan destinasi wisata di Pantai Panjang Kota Bengkulu demi meningkatkan kenyamanan wisatawan yang berkunjung pada liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Pos terpadu berdiri hingga 2 Januari 2024. Banyak yang terlibat di sini (untuk memastikan kenyamanan wisatawan) ada dari BPBD, Basarnas, Pariwisata, Satpol PP terus Dishub, Polisi, dan TNI," kata Koordinator Siaga Pos Terpadu Natal dan Tahun Baru Pantai Panjang Sisriyanto, di Bengkulu, Minggu.
 
Pos terpadu tersebut kata dia telah dilengkapi perahu karet serta pelampung sebagai sarana kesiapsiagaan apabila ada wisatawan yang tenggelam di Pantai Panjang karena berenang.
 
Tim yang tergabung di pos terpadu juga akan terus memberikan imbauan dan literasi pada wisatawan soal situasi destinasi wisata pantai di Kota Bengkulu.
 
Contohnya, Pantai Panjang bukanlah destinasi wisata yang cocok menjadi lokasi berenang wisatawan ketika ingin bermain atau mandi di laut, karena pantai tersebut memiliki palung yang cukup dalam.
 
Wisatawan tentunya akan diarahkan ke Pantai Zakat Kota Bengkulu yang berjarak tak jauh dari Pantai Panjang, masih bersebelahan, berjarak sekitar dua kilometer sebelah utara dari Pantai Panjang.
 
Sementara, Pantai Panjang lebih menawarkan suasana bersantai di pantai dengan hamparan pasir putih yang luas, lokasi bersepeda, bermain ATV, naik delman, main pasir dan lokasi joging serta olahraga lainnya.
 
"Terus untuk alat kita siapkan, karena kita jaga pantai untuk memastikan pengunjung aman salah satunya perahu karet. Kita siaga sampai magrib," ujar Sisriyanto.

Baca juga: Basarnas Bengkulu imbau pengunjung tidak mandi di Pantai Panjang
Baca juga: Lima orang tenggelam saat berenang di Pantai Panjang Bengkulu
Baca juga: Gubernur Bengkulu imbau wisatawan tidak mandi di laut

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023