antusias peserta dan masyarakat cukup tinggi
Siak, Riau, (ANTARA) - Sebanyak 1.300 peserta mengikuti lomba memancing pada Festival Sungai Siak di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, 22-24 Desember 2024 dan dimenangi oleh pemancing yang berhasil mendapatkan ikan lele seberat 2,53 kilogram.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa ketika mengumumkan pemenang, Minggu sore mengatakan ajang ini akan digelar lagi pada tahun depan, apalagi tahun 2025 Kabupaten Siak memasuki usia emas yakni 25 tahun.

"Insya Allah tahun depan kita laksanakan lagi karena antusias peserta dan masyarakat cukup tinggi. Apalagi Siak tahun besok memasuki usia emas," katanya.

Tekad menyampaikan pelaksanaan Festival Sungai Siak tahun 2023, sebagai bentuk mengkampanyekan kepedulian terhadap kelestarian dan menjaga Sungai Siak.

"Lomba ini bertujuan untuk mengangkat potensi Sungai Siak sebagai salah satu daya tarik pariwisata di Kabupaten Siak, serta melestarikan peradaban Sungai Siak yang dahulu merupakan sumber kehidupan," katanya.

Baca juga: Gubernur Riau ramaikan lomba memancing di laut
Baca juga: Belitung promosikan wisata bahari melalui turnamen mancing


Pada lomba memancing tersebut pemenang pertama mendapatkan hadiah satu unit mobil. Kemudian juara kedua sepeda motor selanjutnya ada kulkas, mesin cuci dan lain-lain sampai dengan juara keenam.

Pemenang pertama diraih oleh peserta atas nama Doni Issandi yang mendapatkan ikan lele babon seberat 2,530 kg. Kedua Tengku Aliran mendapatkan Ikan Patin seberat 1,975 kg dan ketiga Asrizal juga Ikan Patin seberat 0,520 kg.

Pemenang lomba Doni Issandi mengatakan dirinya memang hobi memancing dari dulu. Terkait strategi apa sehingga bisa mendapatkan ikan besar dia mengatakan hanya bersabar saja menunggu umpannya dimakan.

"Jadi tadi saya tak lempar jauh hanya lempar di tepi karena orang banyak dan benar mancing ini benar-benar keberuntungan asal kita sabar. Hari ini (Minggu) dapatnya, semalam dapat juga tapi kecil," ungkapnya.

Baca juga: Kelurahan Ancol gelar lomba mancing sambil kampanye tangani sampah
Baca juga: Ratusan peserta lomba mancing memadati tepian Kayan
Baca juga: "Fishing competition" di Lovina-Buleleng jadi atraksi wisata bahari

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023