Palembang (ANTARA News) - Sekitar 1.400 peserta Lomba Burung Berkicau Piala Gubernur Sumatra Selatan yang berasal dari dari Sumatra, Jawa, dan Kalimantan akan berkompetisi dalam 30 kelas perlombaan yang diselenggarakan pada Minggu (21/2).

Ketua Yayasan B n R, Boy AG, di Palembang, Sabtu mengatakan, lomba burung berkicau ini menjadi ajang bagi penggemar burung dapat berpartisipasi dalam mensukseskan kunjungan wisata di Sumsel.

Kegiatan ini dinilai sangat menarik dan akan ramai diikuti, sehingga potensi wisata di daerah juga akan terangkat, kata Boy, didampingi ketua panitia penyelenggara, Fatahillah Chan dan segenap pengurus penggemar burung yang tergabung dalam B n R.

Menurut dia, lomba burung berkicau sangat efektif menjadi pemersatu bangsa, karena dengan berbagai latar belakang tetapi memiliki kegemaran yang sama.

Kegiatan ini juga menjadi upaya pihaknya membina pencinta burung untuk melestarikan binatang unggas tersebut, kata dia lagi.

Ia mengatakan, pada lomba itu pihaknya mempertandingkan sebanyak 30 kelas di antaranya katcer, murai batu, dan "love bird".

Selain mendapatkan piala gubernur, pemenang juga akan mendapatkan total dana pembinaan sebesar Rp300 juta dari semua kelas, kata dia lagi.

Dia menjelaskan, perlombaan ini juga menjadi salah satu upaya pembinaan pihaknya terhadap penggemar burung untuk melestarikan burung dengan memberikan kesadaran mengembangbiakkan atau menangkarkan burung, bukan mengambilnya dari kehidupan binatang liar itu di hutan.

Karenanya penggemar burung diimbau untuk membuat penangkaran khusus burung- burung kegemaran mereka, karena kualitas kicau burung hasil penangkaran lebih bagus ketimbang yang baru dibawa dari hutan, ujar dia lagi.

Boy menambahkan, kegiatan yang akan berlangsung Minggu (21/2) mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB dibuka Dewan Pembina B n R Pusat, Sutiyoso, dan akan dihadiri Gubernur Sumsel dan Gubernur Bengkulu, serta sejumlah wali kota dan bupati di daerah penyelenggara.

Sebelumnya, kegiatan serupa telah diselenggarakan di Kota Bengkulu, dan selanjutnya akan dilaksanakan di Kota Medan, Sumatra Utara.
(T.B014/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010