Jakarta (ANTARA) - Pihak Kepolisian menyiapkan pengaturan arus lalu lintas (lalin) jika terjadi kemacetan karena ramainya pengunjung Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
"Ini untuk antisipasi kepadatan pada libur Natal dan Tahun Baru apabila terjadi kemacetan menuju Taman Margasatwa Ragunan," kata Kanit Lantas Polsek Pasar Minggu AKP Supriyatno saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.
 
Menurutnya, dengan pengaturan lalin itu, pihaknya menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban serta kelancaran lalu lintas yang aman dan nyaman bagi warga yang melintas di jalur menuju pintu masuk Taman Margasatwa Ragunan.
 
Ia menjelaskan pengaturan lalu lintas di lakukan di dua titik yakni, lampu lalu lintas Jalan Harsono RM atau perempatan depan kantor Kementerian Pertanian dan akses pintu utama untuk masuk ke tempat wisata Taman Margasatwa Ragunan.
 
"Ini sistemnya buka tutup, apabila terjadi kemacetan atau kepadatan di pintu masuk maupun keluar nanti nya dan mengular hingga lampu lalu lintas pertanian," jelasnya.
 
Lebih lanjut, ia menuturkan apabila kemacetan hingga perempatan lampu lalu lintas arus lalu lintas akan diarahkan untuk memutar balik di bawah flyover Jagakarsa.
 
"Jadi nanti memutar di kolong Jagakarsa sehingga apabila pengendara ingin menuju ke Lebak bulus tinggal lurus saja sedangkan yang ingin ke Taman Margasatwa Ragunan bisa belok kiri," tutur Supriyatno.
 
Petugas mengalihkan arus lalu lintas di Jalan Harsono RM, Jakarta, Senin (25/12/2023). ANTARA/Bayu Pratama Syahputra.

​​​​​​​Supriyatno menambahkan untuk pengamanan dan pengaturan lalu lintas pihaknya menurunkan 18 personil untuk berjaga dan mengarahkan arus lalu lintas di kawasan tersebut.
 
"Kami imbau untuk para pengunjung selalu berhati-hati dan patuh terhadap peraturan lalu lintas yang diberlakukan," tambahnya.
 
Antusiasme pengunjung yang menggunakan kendaraan mobil dan motor tampak antre saat hendak memasuki Gerbang Utama Taman Margasatwa Ragunan itu terlihat sejak pukul 08.00 WIB.
 
Sejumlah aparat kepolisian maupun pengamanan dari Ragunan di lokasi mulai sibuk mengatur arus lalu lintas para pengunjung yang hendak ke Ragunan.
 
Bahkan, pihak petugas gabungan beberapa kali melakukan penutupan pintu utama dan dialihkan menuju pintu barat untuk mengurai kemacetan panjang arus lalu lintas.
 
Pengelola Taman Margasatwa Ragunan mencatat hingga pukul 11.00 WIB jumlah pengunjung mencapai 19.688 wisatawan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
 
Sedangkan untuk kendaraan bermotor jenis mobil sebanyak 1.333 unit, sepeda motor 3.080 unit dan bus 30 unit.

Baca juga: Kandang Gajah jadi favorit pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan

Baca juga: Jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan capai 78 ribu

Baca juga: Pendapatan pedagang di TM Ragunan naik selama libur natal

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023