Di hari besar seperti sekarang pendapatan kita dalam sehari bisa mencapai Rp600 ribu hingga Rp750 ribu, beda dibanding hari normal yang hanya kisaran Rp150 ribu hingga Rp200 ribu
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pedagang di kawasan Taman Margasatwa Ragunan mencatat kenaikan pendapatan selama masa libur Natal 2023

Salah satu pedagang mainan anak, Sunardi mengatakan bahwa pendapatannya meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan hari biasa.

"Hari ini pendapatan saya bisa Rp1,5 juta hingga Rp2 juta. Kalau dibanding hari biasa itu mentoknya Rp1 juta," ujar Sunardi kepada Antara di Jakarta, Minggu.

Lebih lanjut Sunardi mengatakan pendapatan saat ini dibanding tahun-tahun sebelum pandemi masih jauh lebih rendah. Ia mengungkapkan saat ini jumlah pengunjung meningkat tapi daya beli pengunjung tidak sebanyak dulu.

Sementara itu pedagang makanan, Dewi juga mengungkapkan hal yang sama. Dia mengatakan bahwa pendapatannya meningkat hingga 70 persen dibandingkan hari biasa.

"Di hari besar seperti sekarang pendapatan kita dalam sehari bisa mencapai Rp600 ribu hingga Rp750 ribu, beda dibanding hari normal yang hanya kisaran Rp150 ribu hingga Rp200 ribu," kata Dewi.

Ia juga menambahkan biasanya omzet terbanyak bisa didapatkan pada libur tahun baru.

Sama dengan pedagang lainnya, Ridwan, seorang pedagang boneka di Ragunan, juga mengatakan bahwa pendapatannya meningkat selama masa libur Natal kali ini.

"Alhamdulillah kalo untuk pendapatan lumayan meningkat, ini bisa sampai Rp2 juta tapi kalau hari biasa mungkin hanya Rp500 ribu-an," kata Ridwan.

Berdasarkan data dari pengelola Taman Margasatwa Ragunan, jumlah pengunjung hingga 14.00 WIB telah mencapai 54.979 pengunjung.

Tercatat sebanyak puluhan ribu pengunjung mendatangi Taman Margasatwa pada Minggu membawa 9.029 kendaraan roda dua, 4.208 kendaraan roda empat, 65 Bus dan 138 menggunakan sepeda.

Selain itu sebanyak 2.904 orang telah mengunjungi Taman Satwa Anak (TSA) hingga pukul 14.00 WIB hari ini 24 Desember 2023.

Pengelola Taman Margasatwa Ragunan mengimbau kepada pengunjung agar tetap menjaga ketertiban dan kebersihan selama berada di Ragunan.


Baca juga: Warga gelar tradisi nyekar di Pemakaman Gereja Tugu
Baca juga: Taman Safari tampilkan "Malam Bercahaya" selama libur Natal-Tahun Baru
Baca juga: Katedral Jakarta: Pemindahan ibu kota ke IKN tema dekorasi Natal 2023


Pewarta: Arif Prada
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023