Karawang (ANTARA) - Jasa Marga siap mendukung penerapan contraflow dari jalan Tol Cipali hingga jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pada Selasa siang hingga malam, yang diprediksi menjadi puncak arus balik musim libur Natal.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana dalam keterangannya di Cikampek, Selasa, menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung rekayasa lalu lintas contraflow dari Cipali hingga Tol Jakarta-Cikampek.

contraflow adalah sistem rekayasa lalu lintas dengan mengubah sebagian arus lalu lintas di jalan yang sedang mengalami kemacetan parah.

Jasa Marga menyiapkan petugas serta rambu-rambu di Tol Jakarta-Cikampek yang dikelola oleh PT Jasamarga Transjawa Tol.

Sesuai dengan prediksi, pada Selasa ini adalah puncak arus balik musim libur Natal. Jika arus lalu lintas padat, atas diskresi kepolisian dilakukan rekayasa lalu lintas one way di Jalan Tol Cipali mulai dari KM 188 Gerbang Tol (GT) Palimanan hingga KM 72 Cikampek sejak pukul 14.00 s.d 24.00 WIB.

Baca juga: Polri siapkan rekayasa lalu lintas jalan tol saat arus balik Natal

Tidak hanya itu, rekayasa lalu lintas juga akan dilanjutkan dengan contraflow dari Km 72 Cikampek s.d Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Menurut dia, pemberlakuan contraflow akan dilaksanakan secara situasional berdasarkan diskresi Kepolisian.

"Jasa Marga juga memastikan sarana dan prasarana beroperasi dengan optimal. GT Cikampek Utama sebagai gerbang tol yang melayani lalu lintas one way, Jasa Marga akan mengoptimalkan 15 gardu tol operasi serta penyiagaan 20 unit mobile reader untuk melayani transaksi ke arah Jakarta. Hal ini disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan yang berpotensi menimbulkan kepadatan," kata Lisye.

Baca juga: Menhub: Puncak arus balik Natal dan tahun baru pada 1-2 Januari 2024

Ia menyampaikan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta menuju arah Cikampek/arah timur (Jalan Tol Cipali) akan dialihkan ke GT Cikampek Km 72 untuk melanjutkan perjalanannya melalui jalan nasional Pantura dan masuk kembali ke Jalan Tol Trans Jawa arah Semarang melalui GT Palimanan 3 Jalan Tol Palimanan-Kanci.

"Sementara itu, bagi pengguna jalan dari arah Bandung (Cipularang/Padaleunyi) menuju arah Jakarta maupun dari arah Jakarta menuju Bandung masih bisa menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek secara normal," katanya.

Lisye mengimbau pengguna jalan yang masih belum melakukan perjalanan kembali ke Jabotabek agar selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.

"Pastikan juga kecukupan perbekalan, saldo e-toll dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman. Siapkan saldo e-toll minimal Rp500.000 untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama," tambahnya.

Baca juga: Tol Japek 2 Selatan dibuka situasional di arus balik Natal-Tahun Baru

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023