Jakarta (ANTARA) - Diaspora pemuda Indonesia di Turki mendeklarasikan dukungan kepada calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kami memberi dukungan karena pengalaman panjang Pak Prabowo dalam dunia militer dan politik terakhir sebagai menhan, kemudian Mas Gibran dengan profilnya sebagai wali kota (Surakarta) dan pengusaha muda menjadi pilihan yang menarik," kata Koordinator Fanta Diaspora Turki, Adhe Nuansa Wibisono, dalam keterangan yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Adhe mengatakan deklarasi tersebut dilakukan oleh puluhan pemuda Indonesia di Turki yang tergabung dalam Fanta Diaspora, bagian dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo-Gibran.

Adhe menjelaskan pembacaan deklarasi itu dilakukan di beberapa lokasi di Turki, yakni Grand National Assembly, Anitkabir Mausoleum, Haci Bayram Cami, dan Melike Hatun Camin.

Dia menilai Prabowo layak menjadi presiden demi memperkuat posisi Indonesia di tengah konflik Laut China Selatan yang tengah berkecamuk.

"Adanya potensi konflik di Laut China Selatan dan kemudian menguatnya kapabilitas militer China dan Australia perlu diperhatikan oleh para capres. Saya melihat hanya Menhan Prabowo, tentu saja dengan pengalaman panjang dalam dunia militer, yang memiliki kemampuan untuk mengantisipasi hal-hal tersebut," jelas Adhe.

Selain itu, kehadiran Gibran sebagai calon wakil presiden juga dinilai menjadi pembawa semangat generasi muda dalam dunia politik. Gibran dianggap memiliki visi yang baik dalam pemerataan pembangunan serta hilirisasi ekonomi digital.

"Gibran menekankan pentingnya pemerataan pembangunan untuk menyetarakan Indonesia dengan negara-negara maju. Selain itu, ide terkait kredit start up milenial juga selaras dengan kepentingan anak muda," kata Adhe.
​​​​​​​
Dia pun berharap deklarasi dukungan tersebut bisa menarik seluruh pemuda Indonesia di luar negeri untuk mendukung pasangan Prabowo-Gibran.
​​​​​​​
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
​​​​​​​
Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

​​​​​​​

Pewarta: Walda Marison
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023