Ini sejalan dengan visi SPJM sebagai Service and Operational Provider, terus diwujudkan dalam layanan ke seluruh 'stakeholder'
Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) melalui subholdingnya PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) mencatat kinerja positif untuk pemanduan dan penundaan, serta penyediaan jasa utilitas untuk listrik dan air.

"Ini sejalan dengan visi SPJM sebagai Service and Operational Provider, terus diwujudkan dalam layanan ke seluruh 'stakeholder'," kata Direktur SDM dan Umum PT Pelindo Jasa Maritim, Rachmat Prayogi dalam keterangan pers di Makassar, Selasa.

Kinerja positif itu didukung dengan kehadiran program Phinnisi yang telah sukses diimplementasikan di 33 cabang pelabuhan. Karena itu, diharapkan kinerja perusahaan dapat terus melaju.

Kinerja SPJM yang bergerak positif itu memberikan layanan marine, peralatan (equipments) dan jasa utilitas (port services atau port utilities) atau biasa disingkat dengan MEPS dengan catatan kinerja yang baik untuk pemanduan dan penundaan.

Rachmat mengatakan hingga November 2023 kinerja pemanduan yang dilakukan oleh SPJM Group mencapai 376.168 gerakan atau naik 911,61 persen dibanding pencapaian Januari - November 2022.

Baca juga: SPJM kelola lima klaster bisnis Pelindo

Baca juga: Pelindo lakukan pergantian Direktur Strategi dan Komersial SPJM


Sedangkan kinerja penundaan sampai dengan November 2023 mencapai 4,4 juta GT Jam atau naik 128,88 persen terhadap pencapaian sampai dengan Januari - November 2022.

Selain itu, SPJM juga membukukan prestasi yang baik dalam peraihan kinerja jasa utilitas berupa penyediaan air dan listrik.

Hingga November 2023, kinerja air bersih mencapai 813.004 ton atau naik 116,09 persen terhadap pencapaian Januari - November 2022.

Demikian pula layanan listrik, kinerja sampai dengan November 2023 mencapai 161,78 Juta KWH atau naik 113,36 persen terhadap pencapaian Januari - November 2022.

Rachmat mengatakan layanan berkinerja cemerlang tahun ini adalah pemanduan dan penundaan, serta jasa utilitas berupa air dan listrik.

Baca juga: SPJM Pelindo Grup berkolaborasi berikan layanan maritim

Baca juga: SPJM Pelindo Grup lakukan pemurnian bisnis anak perusahaan


Lebih lanjut Rachmat juga membeberkan kinerja stream peralatan yang juga tumbuh sangat positif.

"Kinerja availability sampai dengan November 2023 mencapai 92,89 persen atau naik 101,37 persen terhadap pencapaian sd November 2022, papar Rachmat. Availability adalah tingkat kesiapan peralatan di pelabuhan.

Sedangkan untuk kinerja "mean time to repair" hingga November 2023 mencapai 2,25 Jam atau turun 47,41 persen terhadap pencapaian Januari - November 2022, jelas Rachmat.

"Mean time to repair" adalah rata-rata waktu untuk melakukan perbaikan. jasa peralatan sangat krusial dalam menjaga stabilnya layanan kepelabuhanan di seluruh kelolaan Pelindo.
Direktur SDM dan Umum PT Pelindo Jasa Maritim, Rachmat Prayogi saat memberikan keterangan pers di Makassar. Antara/ Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023