Para relawan itu menjaga perlintasan kereta api tanpa palang pintu dengan peralatan seadanya. Bahkan bersarung pun jadi, tidak berpakaian seragam layaknya petugas
Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Sukarelawan desa di salah satu kecamatan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), ikut menjaga perlintasan Kereta Api (KA) tanpa palang sebagai upaya menjaga keselamatan masyarakat selama libur akhir tahun.

"Pemerintah desa di Kecamatan Leces melibatkan perangkat atau relawan desa untuk bersama-sama menjaga perlintasan kereta api yang tidak berpalang pintu, yang melintasi wilayah desa di kecamatan setempat," kata Camat Leces Rachmad Hidayanto di Probolinggo, Rabu.

Seperti diketahui bersama, lanjut dia, beberapa kali telah terjadi kecelakaan di perlintasan kereta api di wilayah Kecamatan Leces, sehingga pihaknya melibatkan relawan desa untuk menjaga.

"Para relawan itu menjaga perlintasan kereta api tanpa palang pintu dengan peralatan seadanya. Bahkan bersarung pun jadi, tidak berpakaian seragam layaknya petugas. Para relawan tetap istiqamah membantu," tuturnya.

Baca juga: Waspadai kecelakaan di perlintasan sebidang saat mobilitas akhir tahun

Para relawan desa itu membantu untuk menjaga keselamatan warga dengan memberikan peringatan dini manakala ada KA akan melintas di perlintasan sebidang tidak terjaga.

"Keterlibatan relawan desa itu dilakukan untuk menindaklanjuti rapat koordinasi (rakor) lintas sektor yang dilakukan pada 22 Desember 2023 di Kantor Kecamatan Leces," katanya.

Rakor tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Bupati Probolinggo dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo tentang Partisipasi Desa dalam rangka mendukung ketertiban umum, keamanan dan keselamatan masyarakat, terutama pada saat liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Atas dasar tersebut pemerintah desa menyepakati dan mendukung sepenuhnya atas imbauan dari Pemkab Probolinggo, salah satunya dengan ikut menjaga perlintasan kereta api tanpa berpalang yang melintasi wilayah desa di Kecamatan Leces.

Baca juga: KAI sosialisasi keselamatan berlalulintas di jalur kereta api

Sementara Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto mengatakan dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 maka pengamanan perlintasan kereta api sebidang yang melintasi empat kecamatan di Kabupaten Probolinggo meliputi Tongas, Sumberasih, Leces, dan Tegalsiwalan.

"Pj Bupati Probolinggo memberikan arahan bagi perlintasan yang masih belum dijaga itu ada partisipasi dari masyarakat, yang digagas oleh camat dan kepala desa," katanya.

Dishub bersama pihak desa dan kecamatan berkolaborasi menjaga perlintasan yang belum berpalang, baik dari perangkat desa, tokoh masyarakat, karang taruna, dan sebagainya, dijaga oleh personel 24 jam sepanjang kereta api itu melintas.

Baca juga: KAI imbau semua pihak tingkatkan keselamatan di perlintasan sebidang

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023