Surabaya (ANTARA) -
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengatakan perayaan Natal Nasional 2023 menghadirkan beragam hiburan yang dapat menunjukkan toleransi dan bukti Indonesia terdiri dari keberagaman budaya dan agama.
 
"Memang ini menunjukkan keberagaman dan toleransi dalam perayaan kita ada pada hari ini," ucap Angela dalam konferensi pers Ibadah Perayaan Natal Nasional 2023 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu.
 
Perayaan Natal Nasional 2023 menghadirkan beragam pengisi acara mulai dari Paduan Suara Indonesia Batavia Madrigal Singers (BMS) yang sudah bertaraf internasional, paduan suara anak-anak hingga penyanyi dangdut Nella Kharisma dan penampilan dari anak artis Gisella Anastasia dan Gading Marten, Gempita Nora Marten.
 
Penampilan Nella Kharisma di perayaan Natal Nasional 2023 di Gereja Bethany Nginden Surabaya, Rabu (27/12/2023). (ANTARA/Fitra Ashari)
 
Perayaan Natal Nasional 2023 melibatkan musisi dari berbagai daerah, antara lain Jakarta, Jawa Timur dan Sumatera Utara, yang semakin menunjukkan keberagaman Indonesia.
 
Angela berharap adanya hiburan dari berbagai latar belakang itu dapat menunjukkan kekayaan Indonesia dan merayakan keberagaman yang dilihat sebagai kesatuan.
 
"Itu pesan yang ingin kita sampaikan dalam perayaan nanti, dan juga nanti akan ada lagu-lagu bahasa daerah, ini juga sampaikan," kata Angela.
 
Wamenparekraf juga mengatakan perayaan Natal Nasional 2023 kali ini terasa spesial dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena diselenggarakan di gereja terbesar di Surabaya, yaitu Gereja Bethany Nginden.
 
Dari total kapasitas gedung yang bisa mencapai 20.000 orang, undangan yang hadir mencapai 16.000 orang demi kenyamanan para undangan.
 
Suasana para jemaat di perayaan Natal Nasional 2023 di Gereja Bethany Nginden Surabaya, Rabu (27/12/2023). (ANTARA/Fitra Ashari)
 
Gereja Bethany Nginden terpilih sebagai tempat penyelenggaraan Natal Nasional, yang tahun lalu dilaksanakan secara daring karena pandemi COVID-19, salah satunya karena memiliki perlengkapan dan tata suara yang memadai.
 
Perayaan Natal Nasional 2023 dihadiri Presiden Joko Widodo, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Baca juga: Menkominfo gaungkan semangat kerukunan pada Natal Nasional 2023

Baca juga: Wamenparekraf: Perayaan Natal Nasional di Surabaya sangat spesial

Baca juga: Surabaya jadi tuan rumah puncak perayaan Natal Nasional

Baca juga: Saat Natal, Jokowi cerita soal keakraban Gus Dur dan Romo Mangun

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023