Jakarta (ANTARA) - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi kinerja Polri yang dinilai berhasil mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun 2024 sehingga berjalan aman, nyaman dan lancar.

“Kompolnas mengapresiasi kinerja anggota Polri di seluruh Indonesia yang telah profesional dan sepenuh hati dalam melaksanakan Operasi Lilin, sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru berlangsung aman, nyaman, dan lancar sesuai harapan,” kata Anggota Kompolnas dari unsur masyarakat Poengky Indarti di Jakarta, Kamis.

Sebagai pengawas fungsional Polri, kata Poengky, Kompolnas melaksanakan kewenangannya untuk memastikan Polri profesional dan mandiri dalam menjalankan tugasnya.

Ketika libur Natal dan Tahun Baru, menurut dia, Polri melaksanakan Operasi Lilin 2023 untuk mengamankan pelaksanaan Natal dan Tahun Baru berjalan lancar, aman, dan nyaman.

“Kompolnas melakukan pengawasan dan supervisi di beberapa Polda terkait pelaksanaan Operasi Lilin 2023,” katanya.

Baca juga: Kompolnas cek kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru di Polda Bali
Baca juga: Kompolnas pantau Operasi Mantap Brata Candi di Jawa Tengah


Beberapa Polda yang didatangi Kompolnas, di antaranya Polda Sumatera Utara, Polda Papua, Polda Maluku Utara, Polda Kalimantan Barat, Polda Lampung dan Polda Bali.

Menurut dia, dari hasil pengawasan tersebut, jajaran Polri di seluruh Indonesia telah profesional dan sepenuh hati dalam melaksanakan Operasi Lilin 2023.

“Tidak ada gangguan dari kelompok intoleran yang mengganggu saudara-saudara kita yang beragama Nasrani. Pun tidak ada serangan dari kelompok teroris ataupun kelompok radikal,” katanya.

Poengky menyebut ada beberapa faktor yang membuat pelaksanaan Operasi Lilin 2023 berjalan lancar, di antaranya koordinasi dan dukungan sarana serta prasarana yang mumpuni.​​​​​​​

Kompolnas, kata dia, melihat koordinasi yang baik antara Polri dan pemangku kepentingan terkait menjadi kunci suksesnya Operasi Lilin 2023, ditambah lagi dengan semakin modernnya peralatan Polri, sehingga mampu mencegah gangguan yang muncul, antara lain tersedianya pusat komando (command center) di setiap Polda yang terhubung dengan seluruh jajaran Polres dan Polsek, hingga ke pos-pos pantau.

“Kerja sama Polri dengan media massa juga sukses mengamplify informasi terkini seputar situasi arus lalu lintas, sehingga masyarakat dapat mengupdate kapan ada pengalihan arah, kapan ada kontra flow, kapan ada sistem buka-tutup, dan sebagainya,” ujar Poengky.

Baca juga: Kompolnas RI minta Polda Maluku awasi Pemilu dengan baik
​​​​​​​

Kemudian, terkait gangguan di objek wisata seperti di Bali beberapa waktu lalu karena mengalami kemacetan, namun bisa terurai dengan baik.

“Ada solusi di masa depan untuk perbaikan yang sebetulnya menjadi tanggung jawab instalasi lain, antara lain dengan mengupayakan transportasi massal yang lebih banyak,” kata Poengky.

Operasi Lillin 2023 dilaksanakan selama 14 hari dimulai dari tanggal 22 Desember 2023 dan berakhir tanggal 2 Januari 2024 yang melibatkan 129.923 personel.

Baca juga: Tinjau Bakauheni, Kompolnas ingatkan pentingnya koordinasi sektoral
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024