secara kualitas dari jumlah korban jiwa turun 38 persen
Makassar (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulawesi Selatan mengklaim telah berhasil menekan angka kecelakaan lalu lintas hingga 13 persen saat pelaksanaan Operasi Lilin 2023 yang dinyatakan telah berakhir pada 2 Januari 2024.

Direktur Ditlantas Polda Sulsel Kombes Pol I Made Agus Prasatya di Makassar, Rabu, mengatakan, 12 hari pelaksanaan Operasi Lilin 2023 telah berjalan lancar dan sukses.

"Selama 12 hari operasi pelaksanaan operasi, situasi Kamseltibcar Lantas dalam keadaan terkendali, tidak ada kemacetan, sasaran dan target yang ditetapkan dalam pelaksanaan operasi pun dapat kita kelola dan tangani dengan baik sehingga memberikan hasil yang positif,” ujarnya.

Kombes Pol I Made Agus menyebutkan jumlah kasus kecelakaan lalu lintas saat pelaksanaan Operasi Lilin 2023 sebanyak 187 kasus dan terjadi penurunan 29 kasus dari operasi lilin tahun sebelumnya atau penurunannya sebanyak 13 persen.

Baca juga: Sepekan Operasi Lilin 2023, 91 orang meninggal akibat kecelakaan
Baca juga: Tim Supervisi Polri pastikan Operasi Lilin Jaya sesuai rencana


Pada kasus kecelakaan itu, korban meninggal dunia sebanyak 16 orang atau alami penurunan korban jiwa yang sebelumnya 26 orang. Secara persentase, penurunan jumlah korban jiwa sekitar 38 persen.

"Kalau dari segi kuantitas kasus kecelakaan itu turun 13 persen, sementara secara kualitas dari jumlah korban jiwa turun 38 persen," katanya.

Ditambahkan oleh Kombes Pol I Made Agus, 12 hari sebelum pelaksanaan operasi pun hasilnya cukup memuaskan yang mana dari 202 kasus menjadi 187 kasus dan dari 36 korban meninggal dunia menjadi 16 jiwa.

Menurut dia, keberhasilan pelaksanaan Operasi Lilin 2023 secara keseluruhan dan lebih spesifik pada Bidang Kamseltibcar Lantas ini tentunya tidak terlepas dari peran serta masyarakat.

“Tentunya kita berterima kasih kepada masyarakat Sulsel dan kepada para Kasatlantas jajaran Polda Sulsel yang telah sungguh-sungguh menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai arahan pimpinan, utamannya commander wish Bapak Kapolda Sulsel untuk kerja Ikhlas” ucap dia.

Baca juga: Polri gelar Operasi Lilin untuk pengamanan libur Natal dan tahun baru
Baca juga: Polda Kaltim gelar Operasi Lilin Mahakam 2023 di 1.061 lokasi
Baca juga: Polri kerahkan 70 ribu personel dalam Operasi Lilin 2023

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024