Jakarta (ANTARA) - Anggota Kompolnas Pudji Hartanto Iskandar mengingatkan pentingnya koordinasi lintas sektoral antara Polri, pemerintah daerah, dan ASDP untuk mendukung kelancaran arus mudik maupun balik pada momen libur Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Bakauheni.

"Sinergitas dari Polres Lampung Selatan dengan pihak ASDP dan instansi lainnya harus terjalin dengan baik," kata Pudji Hartanto dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Pudji mengatakan bahwa koordinasi dalam pengamanan arus mudik dan balik sangat penting agar memiliki kesamaan cara bertindak, apalagi Bakauheni merupakan titik utama penerima arus kendaraan dari Banten melalui jalur laut.

Sinergi antara para pemangku kebijakan, menurut dia juga sangat diperlukan untuk mengatasi kontijensi bencana alam dan sejenisnya yang memerlukan tindakan cepat.

"Lampung Selatan ini adalah penerima arus kendaraan dari Banten sehingga dapat terpantau hal itu atas koordinasi dengan Polres Cilegon Polda Banten sesuai SOP yang dilaksanakan. Disamping itu untuk mengatasi kontijensi bencana alam dan sejenisnya yang memerlukan tindakan cepat perlunya komitmen sinergi dengan Pemda setempat," kata dia.

Dalam pantauannya, Pudji memastikan bahwa pengamanan arus kendaraan di Pelabuhan Bakauheni telah berjalan baik dan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan Kompolnas dari tahun ke tahun, penanganan penumpang maupun kendaraan di pelabuhan Bakauheni dinilainya juga telah semakin membaik.

"Pelabuhan Bakauheni Lampung ini dari evaluasi di tahun-tahun sebelumnya pastinya semakin baik, ditambah lagi dengan adanya pemanfaatan teknologi yang semakin modern saat ini, itu bisa dimanfaatkan untuk mendukung tugas di lapangan, serta semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap keamanan," katanya.

Selain meninjau pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Bakauheni, dalam kunjungannya di daerah paling selatan Pulau Sumatera tersebut, Pudji juga mengecek pola pengamanan Pemilu 2024 di wilayah hukum Polda Lampung.

Ia pun mengingatkan para personel agar tetap memegang komitmennya untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

"Mengingatkan kembali mengenai pentingnya komitmen netralitas anggota (Polri) dalam pelaksanaan Pemilu 2024 sehingga tercipta kondisi kamtibmas yang aman dan damai," ujarnya.

Baca juga: Kompolnas ingatkan Polri perbaiki komunikasi akomodir semua pengaduan
Baca juga: Ketua DPR minta Polri jaga kelancaran momen pergantian tahun

Pewarta: Moch Mardiansyah Al Afghani
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023