Deklarasikan ini diberikan kepada Jumhur karena selama ini belum pernah ada pejabat tinggi negara yang dekat dan memperhatikan nasib serta eksistensi Gemaku dengan serius mau berteman dan bersahabat baik,"
Ciampea, Bogor (ANTARA News) - Generasi Muda Khonghucu Indonesia (Gemaku) mendeklarasikan dukungan untuk Moh Jumhur Hidayat yang juga Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) ikut konvensi calon presiden Partai Demokrat.

"Deklarasikan ini diberikan kepada Jumhur karena selama ini belum pernah ada pejabat tinggi negara yang dekat dan memperhatikan nasib serta eksistensi Gemaku dengan serius mau berteman dan bersahabat baik," kata Ketua Umum Gemaku Kristan Conf Sc saat mendeklarasikan dukungan itu di Kelenteng Hok Tek Bio di Ciampea, Kabupaten Bogor, Jabar, Sabtu.

Deklarasi yang dimeriahkan dengan pembagian sembako dan pakaian untuk warga sekitar, Kristan menyampaikan bahwa Gemaku percaya di tangan Jumhur, eksistensi pemeluk Khonghucu akan lebih baik dan maksimal.

"Terlebih beliau adalah mantan aktivis yang dikenal dekat dengan kalangan akar rumput dari berbagai etnis, budaya, dan agama," katanya.

Kristan menggambarkan kepedulian Jumhur mirip dengan mantan Presiden Abdurrahman Wahid yang mampu melindungi eksistensi warga masyarakat pemeluk Khonghucu.

"Gus Dur itu kami anggap sebagai Bapak Khonghucu Indonesia, Pahlawan bagi kami dan bangsa Indonesia. Jumhur memiliki kepedulian yang sama dengan Gus Dur," katanya.

Ia berharap Jumhur dapat benar-benar dinilai oleh Partai Demokrat pantas mengikuti konvensi bersama calon-calon lain.

Kristan menambahkan bahwa para pengurus dan anggota Gemaku seluruh Indonesia mendukung deklarasi tersebut.

Ia menyebutkan pengurus Gemaku sudah berada di 23 provinsi dan 108 kabupaten/kota dengan jumlah anggota yang terdaftar sekitar 56 ribu orang sedangkan dengan yang tidak terdaftar jauh lebih banyak.
(B009/M026)

Pewarta: Budi Setiawanto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013