Khusus di sepanjang  Sudirman-Thamrin pada acara 'Malam Muda Mudi Jakarta Global' kami menurunkan  930 personel
Jakarta (ANTARA) - Satpol PP DKI Jakarta menyiapkan personel berikut pos pengamanan dan pengaduan masyarakat (pamdumas) di sepanjang Jalan M.H. Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman maupun jalan-jalan di tingkat kota/ kabupaten administrasi saat malam tahun baru.
 
"Kami akan mengendalikan ketenteraman dan ketertiban umum pada perayaan malam Tahun Baru 2024 di titik-titik ruang publik dan membantu pengaturan arus pengunjung di sekitar lokasi acara atau panggung hiburan," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  DKI Jakarta Arifin di Jakarta, Kamis.
 
Arifin menyebut total personel yang disiagakan pada perayaan malam Tahun Baru 2024 sebanyak 1.640 orang.

"Khusus di sepanjang  Sudirman-Thamrin pada acara 'Malam Muda Mudi Jakarta Global' kami menurunkan  930 personel," ucap Arifin.
 
Lalu, sebanyak 360 personel mengamankan kegiatan di tingkat kota/ kabupaten administrasi. Sedangkan 350 personel lainnya bertugas mengamankan ruang publik pada esok harinya (1/1/ 2024).
 
"Kami berupaya meminimalisir potensi pelanggaran peraturan daerah (perda), seperti adanya pedagang kecil mandiri (pedagang kaki lima) dan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) seperti gelandangan, peminta-minta, dan lainnya," ujar Arifin.
 
Tak hanya itu, jajaran Satpol PP DKI Jakarta juga akan menyiapkan 56 pos pamdumas di sepanjang Jalan M.H. Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman untuk menampung pengaduan warga apabila ada anggota keluarga terpisah, anak hilang, termasuk kehilangan barang berharga.
 
Jika terdapat laporan tindak kriminal, jajaran Satpol PP Provinsi DKI Jakarta akan segera menindaklanjuti bersama Kepolisian. Oleh karena itu, Arifin menyebut pihaknya selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk menjaga dan memastikan seluruh kegiatan di malam tahun baru berlangsung aman.
 
"Kami berharap, masyarakat dapat mematuhi aturan-aturan yang berlaku. Sebagai antisipasi perkembangan kasus COVID-19 di Jakarta, kami juga mengajak masyarakat untuk kembali menerapkan protokol kesehatan," ucap Arifin.
 
Pemprov DKI Jakarta pada malam pergantian tahun dijadwalkan menyelenggarakan "Malam Muda Mudi Jakarta Global" dengan rangkaian acara mulai dari karnaval (Jakarnaval), panggung musik, pemutaran video, hingga penampilan drone.
 
Acara "Malam Muda Mudi Jakarta Global" diisi enam segmen menarik, yakni Gemilang Silang Monas, karnaval, panggung utama Bundaran HI, "Kirana Jakarta", panggung Jalan MH Thamrin, dan panggung Jalan Jenderal Sudirman.

Tak hanya tingkat provinsi, kegiatan (acara) juga diselenggarakan masing-masing pemerintah kota/ kabupaten administrasi dengan rincian Jakarta Utara dan Jakarta Barat di kantor wali kota, Jakarta Selatan di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta Timur di kawasan Old Shanghai, dan Kepulauan Seribu di Pulau Tidung.
Baca juga: Jakarta akan terbangkan 500 drone di Bundaran HI saat malam tahun baru
Baca juga: Mandra akan meriahkan malam pergantian tahun di Jakarta Selatan
Baca juga: Sebanyak 998 personel gabungan amankan tahun baru di Jakarta Selatan

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023