Solo (ANTARA) - Mahasiswa dari Program Studi Teknik Elektro Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil memboyong tiga penghargaan pada ajang Lomba Gagasan dan Rancangan Kreatif (Lograk) Nasional.

Dosen Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UNS yang juga pembimbing tim Agus Ramelan di Solo, Jawa Tengah, Kamis mengatakan tiga penghargaan tersebut masing-masing diraih oleh tiga tim yang mengikuti perlombaan.

"Pencapaian luar biasa ini bukan sekadar penghargaan tetapi juga merupakan bukti nyata dedikasi, inovasi, serta kontribusi yang mereka berikan untuk menciptakan solusi yang relevan dan bermanfaat bagi kemajuan Indonesia," katanya.

Ia berharap prestasi pada lomba yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Malang tersebut dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam bidang teknologi yang dapat memberikan dampak positif bagi bangsa dan negara.

Baca juga: Mahasiswa UNS ciptakan aplikasi Narajiwa, kurangi sakiti diri sendiri

Baca juga: UNS mengajak masyarakat manfaatkan buah lokal untuk makanan olahan


Sementara itu, salah satu tim yakni Tim 1 Baskara berhasil meraih juara 2 dalam kategori Penerapan Inovasi Energi Masa Depan untuk Indonesia Maju dengan judul proyek Rancang Bangun Charging Station Hybrid Gerobak Dagang Listrik Dalam Mendukung UMKM Dengan Metode SWAP System Berbasis ATMEGA 328 di Pasar Tawangmangu.

Tim ini beranggotakan Ilham Dwi Rahayu, Rehuel Adonia Dela Abkar, Syifa Hauna Nur Syahidah, dan Wisnu Pradana Aji Syahputra.

Selanjutnya, Tim 2 Baskara yang berhasil meraih Juara Harapan 1 dan penghargaan sebagai Juara Best Poster dalam kategori yang sama dengan judul proyek Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Angin Tanpa Baling Dalam Mendukung Energi Terbarukan berbasis Piezoelectric dengan Pemanfaatan Arus dan Tegangan Menggunakan Internet of Things.

Anggota tim ini terdiri dari Riyadh Pratama Saputra, Muhammad Ilham Alghifari, Rahmat Rohmani, dan Wahyu Heriyanto.

Pencapaian ketiga diraih oleh Tim 3 Baskara sebagai salah satu dari Top 10 Finalis dalam kategori Penerapan Inovasi Teknologi Berbasis IoT untuk Indonesia Maju dengan judul proyek Loker Cerdas Penitipan Barang Berbasis Internet of Things sebagai pencegahan Kasus Kriminal Pencurian Dengan Metode Single User.

Anggota tim ini terdiri dari Gilang Fajar Ramadhan, Aflahal Fahmi, Alfiana Ramadhani, dan Nur Rohman Abdul Hamid.

Baca juga: Mahasiswa UNS kembangkan permen kapas peningkat trombosit

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023