Solo (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bernama Werna Ramadhan meraih penghargaan internasional Excellence Award di Global Entrepreneurial Dream Chasers Competition 2023, Xi’an Jiaotong-Liverpool University.

"Dream Chasers merupakan kompetisi yang bertujuan untuk mengembangkan ide-ide inovasi dan kewirausahaan di kalangan mahasiswa," katanya di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Pada kompetisi tersebut, ia memperkenalkan proyek yang diberi nama ZipTech, yakni drone revolusioner tanpa kabel yang dirancang untuk pemantauan dan distribusi pertanian yang efisien.

Baca juga: Guru Besar Kedokteran UNS minta masyarakat waspadai gejala nyeri dada

Yang menarik, pada proyek yang ia ambil difokuskan pada segmen di Filipina untuk mengatasi tantangan dalam pertanian tradisional. ZipTech ini bertujuan untuk mengurangi praktik padat karya dan menarik minat generasi muda untuk bertani.

"Masalah yang dapat diatasi oleh ZipTech adalah ketidakefisienan drone tradisional yang ada di Filipina, karena masalah biaya, keamanan, pemborosan bahan kimia, penerbangan yang terbatas, kerumitan, dan ketergantungan pada angin," katanya.

Ia mengatakan kondisi tersebut menghambat otomatisasi pertanian di negara tersebut.

"Target pasarnya adalah para petani Filipina yang mencari solusi modern, hemat biaya, dan mudah digunakan untuk meningkatkan produktivitas," katanya.

Sementara itu, pada kompetisi tersebut mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Kimia ini berhasil memperoleh penghargaan Excellence Award.

Baca juga: Mahasiswa elektro UNS boyong tiga penghargaan nasional

Baca juga: UNS raih tiga penghargaan di ajang Anugerah Diktiristek 2023


Menurut dia, pengalaman tersebut memberikan perspektif baru terkait pengembangan teknologi dan kemampuan untuk saling memahami kondisi antarnegara yang berbeda.

"Partisipasi dalam perlombaan ini menjadi pendorong tambahan bagi saya untuk terus mencari peluang pengembangan diri di tingkat internasional," katanya.

Ia berharap capaian tersebut mampu menjadi motivasi bagi dirinya, termasuk mahasiswa lain di Fakultas Teknik.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024