Jakarta (ANTARA News) - Menyambut libur Lebaran, beberapa hotel di Jakarta menawarkan program khusus paket menginap.

Hotel-hotel itu mengincar tamu dalam kota maupun luar kota yang ingin menikmati Kota Jakarta saat musim liburan.

Direktur Komunikasi Hotel Mulia Jakarta, Romy Herlambang mengatakan selama bulan Ramadhan ini, mendapat kredit sebesar Rp 200.ribu yang bisa dipakai di semua restoran hotel, paket sahur di kamar atau sarapan buffet.

"Untuk tamu yang menginap dua malam mendapatkan satu malam complimentary stay di Mulia Splendor Room pada akhir pekan dan berlaku selama enam bulan," kata Romy saat dihubungi ANTARA News, Kamis (1/8).

Saat libur Lebaran, banyak penduduk Jakarta yang pulang ke kampung halaman mereka sehingga saat hari Lebaran, kota Jakarta hampir selalu bebas macet. 

Manager Humas Grand Sahid Jaya Hotel Otniel Aldi Abel menyatakan mereka menargetkan turis luar kota yang datang ke Jakarta selama libur Lebaran dan ingin menikmati ibukota bebas macet.

Grand Sahid Jaya mengadakan paket yang diberi nama "Escape The Traffic Enjoy Jakarta".

"Kami memberikan harga special dimulai dari Rp. 669.000++ dan kami memberikan layanan free upgrade untuk satu tingkat di atasnya," jelasnya melalui pesan elektronik yang diterima ANTARA News (3/8).

Hotel bintang lima lainnya, JW Marriott mengadakan promosi menginap dengan sejumlah kartu kredit.

Melalui pesan elektronik, Direktur Penjualan JW Marriott Hotel Jakarta, Rachmawati menjelaskan promosi stay 2 pay 1 dapat diperoleh dengan kartu kredit ANZ di akhir pekan dan potongan sebanyak 30 persen di hari kerja.

Dengan kartu kredit BCA (All BCA Platinum cards, BCA Master World) tamu mendapat potongan 50 persen bila menginap di akhir pekan.

"Khusus lebaran ada promo Stay 3 Pay 2, harga kamar mulai dari USD 150++/night," kata Rachmawati.

Kebanyakan hotel yang disebutkan di atas tidak menaikkan tarif selama libur lebaran. Rachmawati mengatakan dibanding tahun lalu, paket lebaran yang ditawarkan hotelnya cenderung sama.

"Harga yang digunakan adalah BAR (Best Available Rate), harga terbaik yang tersedia pada hari pemesanan," kata Romy Herlambang dari Hotel Mulia.

Dengan menyasar tamu domestik, hotel optimis mengalami peningkatan okupansi pada libur Lebaran.

JW Marriott Jakarta menargetkan 90 persen kamar terisi saat libur Lebaran. Hotel Mulia pun optimis penuh.

Sementara itu, Grand sahid Jaya Hotel menargetkan kamar terisi 75 persen saat libur Lebaran.

"Menjelang lebaran tahun 2013, okupansi hotel Grand Sahid Jaya adalah sekitar 45% dari jumlah 750  kamar yang kami miliki," kata Otniel.


Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013