Lampung Selatan (ANTARA) - Ratusan calon penumpang masih terus berdatangan dan memadati area ruang tunggu Pelabuhan Bakauheni, Lampung, yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Merak, Banten, Kamis.

Pada Kamis sore menjelang malam calon penumpang yang berjalan terus berdatangan memadati terminal reguler dan dermaga eksekutif di Pelabuhan Bakauheni.

Berdasarkan data 24 jam dari posko Pelabuhan Bakauheni menunjukkan calon penumpang sebanyak 1.712 orang. Jumlah itu turun dibanding hari sebelumnya yang mencapai 3.267 orang.

Baca juga: Aktivitas pemudik di pelabuhan Bakauheni ramai lancar pada H+3 Natal General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko, di Bakauheni, Kamis, mengimbau pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Kami mengimbau calon penumpang dari Sumatera ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP agar membeli tiket dari jauh hari," kata Rudi Sunarko.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal ferry mulai 11 Desember 2023.

Baca juga: ASDP cabang Bakauheni prediksi puncak arus balik libur Natal Kamis H+3

Ketentuan itu berlaku di Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, dan Pelabuhan Gilimanuk.

Ketentuan baru tersebut adalah pemesanan tiket ferry dapat dilakukan sampai dengan batas radius maksimal lima kilometer sebelum pelabuhan.

Baca juga: Pemudik terus berdatangan memadati Pelabuhan Bakauheni pada H+1 Natal

Ketentuan itu ditetapkan dalam Surat Dirjen Hubdat AP.406/1/5/DJPD/2023 perihal Penataan Layanan Pemesanan Tiket Elektronik di Sekitar Pelabuhan.

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023