Sidoarjo (ANTARA) -
Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md mengajak santri di Ponpes Al Khoziny, Siwalan Panji, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur supaya jujur, berani dan tidak tamak untuk meraih kesuksesan.
 
"Karena sifat tamak itu yang akan membawa pada sifat tidak baik. Orang korupsi itu muncul dari sikap tamak, merasa kurang terus, tidak pernah bersyukur," kata Mahfud Md di Sidoarjo, Kamis.
 
Ia mencontohkan, kalau pejabat itu sebenarnya gajinya sudah cukup, mobil disediakan, rumah sudah ada dan lain sebagainya karena tamak sehingga merasa tidak cukup.
 
Dia juga mengajarkan santri untuk bersifat jujur karena kalau dalam setiap tindakan dan ucapan selalu jujur maka hidupnya akan tenang tidak akan disandera oleh orang lain.
 
"Misalnya kalau kamu tidak ikut saya, maka saya akan penjarakan kamu. Itu adalah orang tersandera oleh orang lain. Hidupnya juga tidak akan tenang," tuturnya.
 
Di samping itu, Mahfud juga menceritakan pengalaman hidupnya yang memiliki prinsip keberanian dan kejujuran serta kerja keras.
 
Dulu waktu kecil, Mahfud bercita-cita menjadi guru agama, kemudian dia mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta.
 
"Dari situ semua cita-cita tercapai, mulai jadi dosen, hakim, DPR dan menteri. Intinya santri itu harus kerja keras, semangat belajar, berani dan jujur," tuturnya.
 
Usai bersilaturahmi dengan pengasuh pondok Al Khoziny, Mahfud Md dijadwalkan mengunjungi pondok Miftahul Ulum, Jatiroto, Kabupaten Lumajang dan pondok Nurul Qornain, Jember.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Mahfud tak percaya surat suara Pemilu 2024 telah tiba di Taiwan
Baca juga: Mahfud: Pemerintah harus tegas, jangan gila investasi

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023