Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic tiba di Perth, Australia, menjelang Piala United, di mana ia akan memimpin Serbia pada turnamen beregu campuran tersebut.

Sebagaimana dilaporkan ATP Tour, Jumat, petenis Serbia itu mendarat di Australia Barat pada Kamis sore dan tidak membuang banyak waktu untuk langsung berlatih di dalam RAC Arena bersama pelatih Goran Ivanisevic dan rekan satu timnya dari Serbia pada Kamis malam.

Djokovic melakukan debutnya di Piala United dan akan memimpin Serbia melawan China dan Republik Ceko di Grup E. Djokovic akan menghadapi Zhang Zhizhen dari China dalam pertandingan pembukaannya pada Minggu malam di Perth.

Baca juga: 844 juta penonton saksikan pertandingan ATP Tour tahun ini

Pemain berusia 36 tahun itu memiliki rekor gemilang di Australia, setelah memenangkan rekor Australia Open sebanyak 10 kali. Ia juga telah meraih dua gelar di Adelaide (2007, 2023) dan tiba di Australia setelah musim 2023 yang luar biasa ketika ia mengangkat tujuh gelar, termasuk tiga gelar mayor dan rekor mahkota Nitto ATP Finals ketujuh.

Sementara itu, secara keseluruhan, tambahan tiga gelar tahun ini membuat Djokovic membukukan rekor 24 gelar Grand Slam, mengungguli catatan Nadal dengan 22 gelar turnamen mayor. Kesuksesan itu juga membuat Djokovic memegang rekor bersama petenis Australia Margaret Court yang memenangi 24 Grand Slam tunggal pada 1960-an dan 1970-an.

Menurut catatan ATP, Djokovic bahkan hanya mengalami tujuh kali kekalahan dengan 56 kemenangan sepanjang 2023. Selain tiga Grand Slam, dia juga mengangkat dua trofi, yakni di Cincinnati Masters dan Paris Masters, untuk menjadi orang pertama yang memenangi 40 gelar ATP Masters 1000.

Sebelum meraih peringkat satu ATP akhir tahun, Djokovic menghabiskan total 400 pekan di posisi teratas. Menutup tahun, dia berhasil mengklaim gelar ATP Finals untuk ketujuh kalinya, yang menjadi rekor lain yang dia pecahkan tahun ini.

Baca juga: Nadal diyakini akan tampil baik di Australia Open
Baca juga: Osaka targetkan lebih banyak gelar Grand Slam hingga Olimpiade Paris

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023