"Mengapa saya turun terus menerus? Karena kalau saya melihat sambutan masyarakat ramai begini dan saya bisa bertanya langsung, rasanya, kondisi psikologisnya bisa saya rasakan, akan kemana riil suara yang terjadi,"
Wonogiri (ANTARA) -
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden Mahfud Md menyatakan akan terus turun kampanye dan menerima aspirasi masyarakat menanggapi prediksi mereka akan lolos ke Pemilu 2024 putaran kedua.
 
"Mengapa saya turun terus menerus? Karena kalau saya melihat sambutan masyarakat ramai begini dan saya bisa bertanya langsung, rasanya, kondisi psikologisnya bisa saya rasakan, akan kemana riil suara yang terjadi," kata Ganjar saat ditemui di Pasar Kota Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah pada Jumat.
 
Dirinya merasa terdapat perbedaan hasil survei yang muncul terkait peluangnya dalam Pemilu 2024 mendatang, Ganjar memilih terus bergerak kampanye untuk melihat langsung sambutan masyarakat yang mencerminkan seberapa besar dukungan kepadanya.
 
Survei nasional Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia (FAPTI) yang bekerja sama dengan Alvara Research Center menyebutkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. berpeluang paling besar masuk ke putaran kedua Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Ketua FAPTI Andre Rahadian menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena hasil survei menunjukkan belum ada pasangan calon yang memiliki suara lebih dari 50 persen.
 
"Kemungkinan besar pemilu akan berlangsung dua putaran, dan peluang paling besar yang masuk ke putaran kedua adalah Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud," kata Andre di Jakarta, Kamis (28/12).
 
Hasil survei FAPTI dan Alvara Research Center memperlihatkan bahwa dari ketiga pasangan calon, mayoritas responden akan memilih pasangan Prabowo-Gibran (46 persen), disusul Ganjar-Mahfud (26,4 persen), lalu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (21,3 persen). Sementara itu, responden yang masih belum menentukan pilihan berada di angka 6,3 persen.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023