Pembayaran non tunai akan diterapkan mulai 8 Januari 2024
Makassar (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin segera menerapkan pembayaran non tunai dengan kartu uang elektronik kepada pengguna jasa bandara bagi semua jenis kendaraan roda empat ke atas.

"Pembayaran non tunai akan diterapkan mulai 8 Januari 2024. Oleh karena itu, pengguna jasa bandara yang akan datang wajib menyiapkan kartu uang elektronik. Kartu uang elektronik nantinya ditempelkan pada saat masuk dan menempelkan kembali kartu yang sama berisi saldo pada saat keluar," kata General Manager PT AP I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Taochid Purnomo di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, meskipun ini masih berlaku untuk pengendara roda empat ke atas, namun pengendara roda dua sebaiknya juga membawa kartu uang elektronik untuk familiarisasi agar terbiasa menggunakan kartu uang elektronik.

Pengguna jasa bandara tidak perlu ambil karcis, lanjut dia, cukup menempelkan kartu uang elektronik saat masuk gerbang loket. Proses masuk akan sama seperti jika kita masuk ke pintu tol.

"Kami imbau pengguna jasa untuk menyiapkan satu kartu dan mengisi saldo yang cukup,” ujar Taochid.

Kartu uang elektronik yang dapat digunakan diantaranya e-money dari Bank Mandiri, Brizzi dari Bank BRI, TapCash dari BNI, dan Flazz dari BCA. Kartu uang elektronik dapat dibeli dan diisi ulang saldonya di kantor bank atau pun minimarket. Pengisian saldo juga dapat dilakukan di pelataran parkir masjid bandara pada saat akan keluar bandara.

Sebelumnya, pembayaran non tunai sudah diterapkan, namun masih menggunakan harus mencetak karcis pada saat akan masuk ke bandara dan memindai karcis kemudian melakukan pembayaran dengan kartu uang elektronik.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang pengguna jasa bandara Syamsuddin mengatakan, sangat terbantu dengan penggunaan e-money untuk membayar parkir. Pasalnya, tidak perlu mencari atau penyiapkan uang receh atau uang pecahan kecil saat akan membayar parkir.

"Ini lebih praktis, apalagi yang sudah menggunakan mobile banking, sudah dapat mengisi e-moneynya hp atau gadgetnya," ujarnya.

Baca juga: Jumlah penumpang mudik Natal 2023 Bandara Hasanuddin naik 3,5 persen 
Baca juga: Bandara Sultan Hasanuddin kembali imbau penggunaan masker
 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023