Banyumas (ANTARA News) - Arus mudik di jalur selatan Jawa Tengah khususnya ruas Sampang, Kabupaten Cilacap, hingga Sumpiuh, Banyumas, pada Selasa pagi terpantau lancar.

Di sepanjang ruas jalan Sampang-Sumpiuh, kendaraan dari arah Jakarta dan Bandung dapat melaju dengan kecepatan sekitar 70-80 kilometer per jam tanpa adanya hambatan. Demikian pula dengan kendaraan dari arah Yogyakarta.

Jalur mudik di kawasan ini umumnya didominasi pemudik bersepeda motor. Data Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Banyumas, menunjukkan sepeda motor yang melintas pada Selasa pagi mencapai 707 unit per jam, sedangkan mobil pribadi sebanyak 507 unit/jam.

Kepala Pos Pengamanan Lebaran 2013 Perlintasan Sebidang Sumpiuh, Ajun Komisaris Polisi Sukarwan memastikan arus mudik di jalur selatan Jateng khususnya Jalan Raya Sumpiuh terpantau lancar.

"Pagi ini sangat lancar. Paling padat terjadi pada Sabtu (3/8) sore hingga malam, selanjutnya terus berkurang hingga sekarang," katanya.

Selain ruas Sampang-Sumpiuh, arus mudik dari arah Bandung yang melintasi ruas Panulisan, Cilacap, hingga Wangon, Banyumas, juga terpantau lancar meskipun sedikit tersendat di pertigaan Padangjaya akibat adanya pertemuan arus kendaraan.

Sementara, arus mudik dari arah Bandung juga sedikit tersendat di pertigaan Klapagading, Wangon, karena  adanya pertemuan dengan arus kendaraan dari arah Jakarta yang melewati jalan penghubung jalur pantai utara (pantura) dengan jalur selatan Jateng.


Pewarta: Sumarwoto
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013