Rekayasa lalu lintas one way pun ditunda dan nantinya menyesuaikan dengan arus lalu lintas secara real-time serta arahan dari pihak kepolisian
Cirebon (ANTARA) -
Operator Jalan Tol Cikopo-Palimanan atau Astra Tol Cipali mencatat volume kendaraan yang melintas pada ruas tol tersebut sudah menyentuh 1,08 juta unit kendaraan, selama periode H-7 perayaan Natal hingga 29 Desember 2023.
 
 
“Terdapat 1,08 juta kendaraan telah melewati Jalan Tol Cipali selama periode itu,” kata Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali Sri Mulyo di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu.
 
 
Sri menyebutkan terhitung selama 12 hari ini, arus kendaraan yang melewati Jalan Tol Cipali menunjukkan pertumbuhan positif dengan peningkatan sebesar 16,58 persen, ketimbang tahun 2022 pada periode sama yang jumlah totalnya 930.451 kendaraan.
 
 
Volume kendaraan di Jalan Tol Cipali, lanjut dia, terjadi kenaikan trafik pada Jumat (29/12) kemarin yang tercatat sekitar 94.004 kendaraan.
 
 
Dia mengatakan bahwa pada Jumat (29/12) sudah masuk gelombang arus mudik libur Tahun Baru 2024.
 
 
“Terdapat 94.004 kendaraan yang melintasi ruas tol dalam satu hari. Dengan kenaikan ini, arus lalu lintas di kedua lajur terpantau ramai lancar,” ujarnya.
 
 
Meski diestimasikan ada peningkatan trafik kendaraan, Astra Tol Cipali bersama kepolisian resmi menunda penerapan one way yang dijadwalkan akan diberlakukan pada Sabtu (30/12), dari KM 72-KM 188 arah Cirebon sejak pukul 07.00 WIB hingga 24.00 WIB.
 
 
Sri mengemukakan penundaan rekayasa lalu lintas dengan sistem itu dikarenakan, pada pukul 13.00 WIB kondisi arus kendaraan di Jalan Tol Cipali terpantau ramai lancar.
 
 
“Rekayasa lalu lintas one way pun ditunda dan nantinya menyesuaikan dengan arus lalu lintas secara real-time serta arahan dari pihak kepolisian,” katanya.
 
 
Dia menambahkan untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan, pihaknya telah melengkapi rest area dengan tempat istirahat dan pelayanan.
 
 
“Pengguna jalan dapat menikmatinya di tujuh titik yang dilengkapi fasilitas 725 toilet gratis, ruang laktasi, SPBU, SPKLU, kantong parkir ramah disabilitas dan wanita, tempat ibadah, bengkel umum, lebih dari 190 gerai,” ucap dia.

Baca juga: Astra Cipali: 87.131 kendaraan menuju Jakarta di Tol Cikopo-Palimanan

Baca juga: Operator Tol Cipali: Jumlah kendaraan naik 11 persen di Natal 2023

Baca juga: Kakorlantas: 50 ribu kendaraan lewat Tol Cipali pada arus balik Natal

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023