Sebagai fungsi pengemban kepolisian terbatas, Satpam diharapkan ikut membantu Polri dalam menciptakan kondisi aman di lingkungan kerja masing-masing khususnya menjelang Pemilu
Jakarta (ANTARA) -
Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri mendorong Satuan Pengamanan (Satpam) untuk terus meningkatkan kompetensi dan kemampuan agar dapat bertindak sebagai penjaga keamanan dan problem solver di lingkungan setempat, terutama menjelang Pemilu.

"Sebagai fungsi pengemban kepolisian terbatas, Satpam diharapkan ikut membantu Polri dalam menciptakan kondisi aman di lingkungan kerja masing-masing khususnya menjelang Pemilu,” ujar Ditbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Edy Murbowo di Jakarta, Sabtu, terkait peringatan HUT ke-43 Satuan Pengaman (Satpam) Nasional.

Kepolisian Negara RI, Asosiasi Pengguna Jasa Security Indonesia (Apjasi), Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi), dan beberapa asosiasi terkait keamanan mengadakan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata menyambut HUT Satuan Pengaman (Satpam) Nasional ke-43 yang mengambil tema "Satpam Tangguh Mendukung Pemilu Aman dan Damai”.

Acara tersebut menyoroti peran satpam dalam menghadapi tantangan keamanan yang semakin kompleks di era kemajuan teknologi dan digitalisasi, terutama menjelang Pemilu 2024.

Edy menambahkan Satpam harus bisa bertindak lebih dari sekadar penjaga karena ikut menjadi bagian integral dalam menyelesaikan masalah keamanan. Karena itu, peningkatan kompetensi yang berkesinambungan dan kemampuan untuk bertindak sebagai problem solver dalam diri Satpam menjadi kunci.

Baca juga: Lemkapi harap keteladanan pimpinan Polri diikuti jajarannya
Baca juga: Ketua DPR minta Polri jaga kelancaran momen pergantian tahun


Ketua Umum Apjasi Leonard Abdul Aziz menambahkan pentingnya pengembangan profesionalisme satpam secara berkesinambungan.

"Sebagai pengguna jasa pengamanan, kami sangat mendukung upaya pemerintah dalam upaya meningkatkan kemampuan satpam. Kami mendorong pengembangan kualitas SDM Satpam melalui peningkatan kompetensi yang bertingkat dan berkelanjutan,” ujar Leonard.

Selain itu, kata dia, tanggung jawab keamanan bukan hanya berada di pundak Polri melainkan menjadi tanggung jawab bersama yang melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk pucuk pimpinan badan usaha hingga pelaksana di lapangan.

Ketua Umum Abujapi Agoes Dermawan, dalam kesempatan terpisah mengatakan adanya komitmen dari Abujapi untuk meningkatkan kompetensi satpam agar tidak hanya memenuhi standar keamanan, namun juga mempersiapkan tantangan keamanan masa depan.

”Hal ini termasuk penggunaan teknologi terbaru dan pengembangan kemampuan untuk mengidentifikasi serta merespons berbagai skenario keamanan,” kata Agoes.

Upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata merupakan rangkaian kegiatan menuju perayaan HUT Satpam di Jakarta International Equestrian Park pada 10 Januari 2024 mendatang yang akan dimeriahkan dengan seminar dan pameran teknologi keamanan terkini.

Baca juga: Polda Metro Jaya tegaskan komitmen jaga keamanan guna sukseskan pemilu
Baca juga: KPU berkoordinasi dengan Satgas Siber pastikan keamanan data pemilih


 

 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2023