Jakarta (ANTARA) - Aktor senior asal Inggris Thomas Jeffery Wilkinson atau biasa dikenal dengan Tom Wilkinson yang terkenal akan perannya di film “The Full Monty” telah tutup usia ke-75 tahun pada 30 Desember 2023.

People, Sabtu (30/12) waktu setempat melaporkan Wilkinson meninggal di rumahnya dengan dikelilingi oleh orang-orang terkasih serta keluarganya. Kabar tersebut dikonfirmasi langsung oleh pihak keluarga Wilkinson dan saat ini mereka meminta privasi atas meninggalnya pria berusia 75 tahun itu.

“Keluarga meminta privasi saat ini,” kata pihak keluarganya.

Baca juga: Aktor "Euphoria" Angus Cloud meninggal dunia pada usia 25 tahun

Wilkinson dikenal sebagai salah satu aktor serba bisa dan memiliki segudang prestasi. Ia memiliki 130 karya sepanjang kariernya sebagai aktor dan salah satu filmnya di tahun 1997, yakni “The Full Monty” menjadi salah satu karya yang paling diingat dan berhasil melambungkan namanya.

Di film itu, Wilkinson berperan sebagai mandor pabrik baja bernama Gerald Cooper. Film “The Full Monty” mengisahkan tentang sekelompok pekerja baja yang di-PHK dan beralih profesi menjadi penari yang semuanya laki-laki.

Wilkinson pun berhasil meraih penghargaan BAFTA untuk penampilan terbaik sebagai aktor pendukung pada tahun 1998 di film tersebut. Bahkan, Wilkinson mengulangi perannya sebagai Gerald di tahun ini setelah film “The Full Monty” resmi dibuat ulang oleh salah satu layanan video berbayar dalam enam episode.

Tidak hanya itu, Wilkinson juga mendapatkan penghargaan BAFTA untuk perannya dalam film “Michael Clayton” pada tahun 2007, “In the Bedroom” pada tahun 2001, dan “Shakespeare in Love” pada tahun 1998. Wilkinson juga berhasil meraih penghargaan BAFTA untuk perannya di serial televisi “Cold Enough for Snow” dan “Martin Chuzzlewit”.

Menariknya, Wilkinson sempat dinominasikan untuk dua kategori di ajang penghargaan Oscar, yakni kategori aktor pendukung terbaik di film “Michael Clayton” dan aktor pemeran utama terbaik untuk film “In the Bedroom”.

Wilkinson berlatih di Royal Academy of Dramatic Art dan berhasil mendapatkan peran utama pertamanya di pertunjukan “First Among Equals” pada tahun 1986. Di pertunjukan ini, Wilkinson beradu peran dengan Diana Hardcastle yang di masa depan telah menjadi istrinya.

Pasangan Wilkinson-Hardcastle pun menikah pada tahun 1988. Dari pernikahan pasangan itu, keduanya dikaruniai dua anak perempuan bernama Alice dan Molly.

Baca juga: Aktor Lee Sun-kyun meninggal dunia di usia 48 tahun

Baca juga: Mendiang Yayu Unru dimakamkan di TPU Cilandak

Baca juga: Aktor "General Hospital" Tyler Christopher meninggal di usia 50 tahun

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023